Raih 66 Suara, Prof Fredy Leiwakabessy Terpilih Sebagai Rektor Unpatti

oleh -54 views

Porostimur.com, Ambon – Profesor Fredy Leiwakabessy akhirnya terpilih sebagai Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, menggantikan Prof. J. Sapteno yang telah berakhir masa jabatannya.

Leiwakabessy diketahui, unggul dengan 66 suara pada putaran kedua pemilihan rektor yang berlangsung di Kampus Unpatti, Selasa (7/11/2023). Dia mengalahkan dua kandidat lainnya, yakni Izaak Thenu yang meraup 27 suara, dan Jusuf Madubun yang memperoleh 16 suara.

Sekretaris Panitia Pemilihan Rektor Unpatti Josep Pagaya mengatakan, hasil pemilihan putaran kedua ini,  akan disampaikan kepada Mendikbudristek Nadiem Makarim. 

“Suara menteri sebanyak 35 persen menentukan siapa yang keluar menjadi rektor terpilih untuk memimpin Unpatti, 4 tahun kedepan,” ungkapnya.

SJosep bilang, suara menteri diperoleh dari jumlah suara senat (65 suara) dikali seratus dibagi enam puluh lima. 65 suara merupakan proporsi dari senat, sedangkan 35 dari menteri.

Baca Juga  Eks Kadis PPPA Maluku Dijerat UU Kekerasan Seksual

“Jadi jumlah suara senat dikali 100 dibagi 65. Hasilnya, 109 yang dikurangi 71 didapat 38. Nah,jadi suara menteri yang 38 ini sangat mempengaruhi siapa yang dipilih untuk menahkodai Unpatti selanjutnya,” ucapnya.

Sementara itu, Dr Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed selaku Kuasa Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim. Dan Pembacaan Surat Kuasa, dalam sambutan awalnya mengingatkan, siapapun yang terpilih nanti tetap berkontribusi. Begitupun yang tidak terpilih tetap berkolaborasi dan ikut berperan.

‘’Karena dengan kolaborasi internal yang kuat, sebelum kita berkolaborasi eksternal, saya sangat yakin Unpatti tiga, empat tahun ke depan bisa menjadi PTN BH,’’ katanya. (red)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.