Rakib Sahubawa Resmi Dilantik Sebagai Penjabat Bupati Maluku Tengah

oleh -146 views

Porostimur.com, Ambon – Rakib Sahubawa resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati Maluku Tengah. Acara pelantikan berlangsung di Lantai VII Kantor Gubernur Maluku, Selasa (12/9/2023) hari ini.

Rakib Sahubawa memiliki masa jabatan maksimal satu tahun sebagaimana terdapat dalam salah satu poin SK Menteri Dalam Negeri nomor 100.2.1.3-3683 Tahun 2023 tentang pengangkatan Penjabat Bupati Maluku Tengah.

Untuk diketahui, Penjabat Bupati Maluku Tengah mempunyai tugas diantaranya memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah sesuai ketentuan perundang-undangan dan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD.

Kemudian harus memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat, meminta persetujuan Mendagri untuk Perda dan Perkada kecuali Perda APBD dan Perkada Penjabaran APBD.

Selanjutnya, melakukan pengisian pejabat dan mutasi pegawai, membuat program kebijakan yang berbeda dengan pejabat sebelumnya dengan mendapat persetujuan Mendagri, memfasilitasi pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024 serta menjaga netralitas ASN, dan melaksanakan tugas selaku ketua Satgas Penanganan COVID19. 

Baca Juga  Kapolda Maluku Lantik 89 Siswa Bintara Polri Tahun 2024

Sahubawa juga diharuskan meninggalkan jabatan sebagai Sekretaris Daerah dan menunjuk Penjabat Sekretaris Daerah yang baru.