Rakor Bersama Pemprov, Kakanwil Harap Kepengurusan Baru FKUB Maluku Segera Terbentuk

oleh -43 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pemerintah Provinsi Maluku dan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Maluku hari ini mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama lima pimpinan organisasi keagamaan.

Rakor tersebut membahas pembentukan kepengurusan baru FKUB Provinsi Maluku sebagai simpul pemerintah daerah untuk membantu pembangunan kerukunan antar umat beragama.

Hadir pada kesempatan ini, Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku Jamaludin Bugis, Sekretaris Daerah Pemprov Maluku Kasrul Selang, Kepala Kesbangpol Provinsi Maluku Habiba Saimima, Karo Kesra Setda Maluku  Abdul Haji Muhammad, Ketua MUI Maluku, Abdullah Latuapo, Ketua PHDI Maluku, I Nyoman Sukadana, Ketua Walubi Maluku, Willhemus Jawerissa, perwakilan Uskup Diosis AmboinA dan Sinode GPM beserta para pejabat eselon III/IV Kanwil Kemenag Provinsi Maluku.

Baca Juga  Hafifi Yagelissa Jabat Kasat Shabara Polres Pulau Ambon

Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku, Jamaludin Bugis lewat Rakor mengapresiasi peran dan upaya FKUB dalam ikut mensukseskan pembangunan daerah di bidang agama yang juga berpengaruh besar pada pembangunan bangsa. Kakanwil juga mengajak FKUB terus membangun dan merawat solidaritas antar sesama.

“Sebabnya saya berharap, kepengurusan baru FKUB Provinsi Maluku segera terbentuk untuk proses pelantikan, sehingga peran  organisasi ini bisa aktif kembali setelah sekian lama mengalami kevakuman” harap Kakanwil dalam kegiatan Rakor di Ruang Pertemuan Lt. II Kanwil Kemenag Maluku, Senin (2/11/2020).

Kakanwil juga berpesan, dirinya akan selalu mendukung secara finansial dan menyedikan tenaga bantuan untuk membantu proses kerja FKUB.

Sementara Sekretaris Daerah Pemprov Maluku, Kasrul Selang pada kesempatan yang sama meminta FKUB di Maluku dapat mencontohi daerah lain, bagaimana organisasi yang menghimpun pimpinan organisasi keagamaan ini berperan aktif dalam pembangunan kerukunan.

Baca Juga  Motor Bebek Honda Supra Fit Versi Baru Resmi Dijual, Harga Lebih Mahal dari Honda BeAT!

Menurutnya, kelima organisasi keagamaan di Maluku ini meski termasuk dalam pengurus FKUB, namun kepengurusan ini belum terlalu aktif peran dan fungsinya.

“Mungkin ada, tapi tidak dipublikasi peran strategisnya,” jelasnya.

Selain itu, Kasrul turut memberikan apresiasi atas terselenggaranya Rakor tersebut. Pada intinya, Pemprov akan selalu mendukung kegiatan bernuansa keagamaan dalam rangka membantu kerja-kerja pembangunan di daerah.

“Kita harap FKUB ini terus bergandengan tangan bersama pemerintah untuk membantu pembangunan kerukunan di Provinsi Maluku,” harap Kasrul. (red/inmas)