“Ramadhan Terakhir Kita”

oleh -977 views
Link Banner

Penulis: Hasby Yusuf, Ketua BKPRMI Maluku Utara

Seandainya disingkap kepada kita tentang ajal kita, bahwa Ramadhan tahun ini merupakan Ramadhan terakhir kita. Apa yang hendak kita lakukan dengan Ramdhan terkahir ini?

Pastinya kita akan sungguh² mengisi siang & malamnya dgn banyak ibadah. Banyak amal² kebaikan yg kita lakukan, walau membutuhkan pengorbanan tenaga & materi yg tak sedikit.

Ikhlaskan niat dlm semua amalan. Bertekad meninggalkan semua yg bisa merusak puasa & mengurangi kesempurnaannya. Intinya, kita akan serius menjalani Ramadhan tahun ini.

Selayaknya perasaan “ini Ramadhan terakhirku & kesempatanku beramal shalih yang tinggal sebentar” kita tanamkan dlm diri kita. Sehingga akan mendorong jiwa ini serius, bersungguh², & dengan konsentrasi penuh menjalani ibadah Ramadhan. Tidak tertipu dgn taswif (aku akan lakukan ini besok, lusa, seterusnya) & angan² panjang, bahwa kematianku masih lama dan kesempatanku berbekal masih panjang.

Baca Juga  Christina Perri Kembali Ke Dunia Musik Dengan Single ‘evergone’

Mari kita istimewakan Ramadhan kali ini dgn meningkatkan perhatian kita kpdnya, seolah² kita berpuasa sebagai puasa perpisahan. Kita buang rasa malas yg menghabiskan umur kita dan kita singkirkan angan-angan panjang yang melalaikan dari ibadah yg sungguh-sungguh.

Kita harus keluar dari sekat rutinitas hidup dan sepenuhnya fokus beribadah utk mensucikan ruh dan jiwa kita dari segala dosa.

Pernah seorang laki² datang kepada Rasulullah ﷺ, lalu berkata: Wahai Rasulullah ﷺ, ajari aku dan nasihati aku dgn ringkas. Kemudian beliau bersabda:

“Apabila kamu berdiri dalam shalatmu maka shalatlah seperti shalatnya perpisahan.” (HR. Ibnu Majah)

Maksudnya: seperti shalat orang yang mengira bhwa ia tak akan shalat lagi sesudahnya. Orang yang shalat yakin dirinya akan mati dan di sana masih ada satu shalat sebagai shalat terakhir, hendaknya ia selalu khusyu’ dalam shalat yang dikerjakannya itu krn ia tdk tahu bahwa bisa jd shalat ini adalah shalat yg terakhir.”

Baca Juga  7 Warna Fashion Terbaik yang Cocok Dipadukan Outfit Navy Blue

Perasaan ini hendaknya dihadirkan dlm semua ibadah kita, khususnya puasa Ramadhan kali ini. Kita merasa bahwa puasa Ramadhan tahun ini adalah puasa terakhir kita. Kita perlakukan Ramadhan perpisahan. Sehingga terdorong utk mengisinya dgn sebaik²nya, krn kita tak akan mendapati kesempatan di tahun berikutnya. (*)