Rangkul media massa, Pangdam sebut siap dikritik

oleh -56 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon : Guna mengikat tali silaturahmi di antara prajurit TNI AD dengan seluruh elemen masyarakat dan stakeholder yang berkaitan dengan bidang pekerjaannya Komando daerah Militer (Kodam) XVI/Pattimura menggelar Coffe Morning, di Aula Makodam, Rabu (20/12).

Coffe Monrning dihadiri Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Suko Pranoto, Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Tri Soewandono, Danrindam XVI/Pattimura, Asisten Kasdam XVI/Pattimura, Pa Ahli Pangdam XVI/Pattimura, Pembina PWI Maluku, Max Apono, Kelompok Igaras 9 orang,  mantan kelompok simpatisan FKM/RMS 3 orang dan 10 orang warga Kudamati tukang ojek mitra Kodim 1504 Ambon.

Sementara dari dunia jurnalistik, dihadiri I-news TV, Media Antara, Metro TV, SCTV, TVRI, Molucas TV, Ambon Ekspres, Spektrum, Cahaya Nusantara, Maluku Ekspos, Suara Maluku, Radio DMS, Rakyat Maluku, Porostimur dan Intim News.

Pranoto dalam prakatanya, menegaskan momen ini merupakan ajang memelihara  silaturahmi dan diskusi bersama mengenai perkembangan informasi yang ada di Maluku.

Apalagi, media massa merupakan mitra kerja dari Kodam XVI/Pattimura.

Baca Juga  Beredar Kabar Kesempatan Menjadi TNI Tertutup, Kasdam: Hoax Itu!!!

”Di Maluku setiap hari mulai menunjukkan suasana yang baik dan kondusif. Hal ini tidak terlepas dari peran media yang sangat besar. Peranan insan pers inilah yang membuat  masyarakat sudah gemar membaca koran, sehingga lewat koran dan media lainnya, mereka lebih paham tentang perkembangan baik di dalam maupun luar negeri,” ujarnya.

Sebagai wadah yang menampung dan menyalurkan informasi, jelasnya, media massa berperan sangat besar dalam sebuah proses pembangunan, maupun pembelajaran kepada masyarakat luas.

Terlebih, berbagai jenis pemberitaan yang disajikan menunjukkan kepedulian media massa akan berjalannya proses pembangunan secara utuh dalam negara, khususnya di Maluku.

”Terkait dengan masalah kesehatan, masyarakat silakan berobat kemana saja. Selain itu  terkait dengan masalah pendidikan siapapun juga dapat membantu meningkatkan pendidikan, demikian juga saya telah menginstruksikan kepada para Babinsa agar dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan pendidikan di setiap sekolah yang ada di Maluku,” jelasnya.

Baca Juga  Tim SAR Turunkan 20 Penyelam Cari Wisatawan Amerika yang Hilang di Perairan Amahusu

Diakuinya, dirinya akan melanjutkan program kerja yang saudah dijalankan oleh Pangdam sebelumnya, Mayjen TNI Doni Monardo, yakni Emas Biru, Emas Hijau dan Emas Putih.

Terlebih, dalam menyukseskan pelaksanaan program dimaksud, pihaknya sangat membutuhkan dukungan penuh dari berbagai media massa.

”Peranan media yang sangat membantu memberitakan fakta baik buruknya TNI khususnya Kodam XVI/Pattimura. Saya sangat berterima kasih dan dapat menjadi motifasi bagi TNI. Inilah peran rekan-rekan media, yang terus membantu Kodam XVI/Pattimura dalam menyampaikan informasi yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan dari Kodam XVI/Pattimura untuk diketahui oleh masyarakat. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan marilah kita bekerja bukan hanya kepada satu lembaga saja namun untuk semuanya,” tegasnya.

Baca Juga  Polri komitmen sukseskan Pileg dan Pilpres 2019

Khusus untuk momentum pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak jilid III tahun 2018 nanti, akunya, netralitas jajaran Kodam XVI/Pattimura pun harus dikedepankan.

”Tidak ada kata lain yang saya sampaikan hanyalah netral dalam kondisi apapun. Netralitas TNI tetap dijaga. Masyarakat sudah lebih dewasa dalam memilih, silahkan memilih sesuai hati nurani dan peran media dapat memberikan semangat. TNI siap mensukseskan Pilkada dan siapapun yang terpilih dapat memberikan berkah bagi Maluku. Rekan-rekan media mitra Kodam XVI/Pattimura meskipun hanya sebagai objek dapat membantu ketentraman di masyarakat. Saya selaku Pejabat Kodam XVI Pattimura yang baru bertugas di Maluku, saya ingin mengenali rekan-rekan media lebih dekat lagi. Dan apabila ada kritikan, saya siap menerimanya asalkan dapat membangun TNI,” pungkasnya. (rp-01)