Rasisme dalam Bermusik, Grammy Awards Ubah Empat Kategori

oleh -41 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Penyelengara Grammy Awards, Recording Academy mengumumkan akan melakukan perubahan pada perhelatan Grammy Awards ke-63 yang akan diselenggarakan pada 31 Januari 2021.

Sehubungan dengan gerakan anti rasisme Black Lives Matter yang massif, Recording Academy akan memperbaharui empat kategori ‘urban’ yang secara historis kental dengan musisi berkulit hitam.

Kategori Best Urban Contemporary Album diubah menjadi Best Progressive R&B Album. Tahun lalu kategori ini dimenangkan oleh Lizzo lewat albumnya ‘Cuz I Love You’. Kategori ini juga pernah dimenangkan penyanyi berkulit hitam lainnya yakni Beyonce, The Weeknd dan Pharrell Williams.

Selain itu kategori Best Rap/Sung Performance menjadi Best Melodic Rap Performance. Sementara kategori Latin Pop Album menjadi Best Latin Pop Or Urban Album, dan kategori Latin Rock menjadi Best Latin Rock Or Alternative Album.

Rasisme dalam bermusik pernah disampaikan rapper Tyler, The Creator saat menerima penghargaan Best Rap Album di Grammy Awards. Ia mengomentari sejarah Grammy yang selalu menempatkan musisi kulit hitam di kategori ‘urban’.

Baca Juga  Yuni Shara Akan Berikan Penampilan Spesial Bersama Grup Rumpies di Konser

Tyler, The Creator/Image ource: XXL Mag

“Sangat menyebalkan setiap kali kita-maksudku orang-orang yang mirip denganku (berkulit hitam melakukan berbagai genre, tapi mereka selalu memasukkannya ke dalam kategori rap atau urban,” kata Tyler.

“Ketika aku mendengar itu, aku bertanya mengapa kita tidak bisa masuk Pop? Sebagian dari diriku merasa nominasi rap hanya pujian sindiran. Seperti sepupu kecilku yang ingin bermain game, ‘beri dia kontrol game yang tidak terhebung dengan listrik sehingga dia bisa diam dan merasa senang’,” jelasnya. (red/rtm/dreamers)