Ratusan Rumah di Weda Selatan Terendam Banjir

oleh -51 views
Link Banner

Porostimur.com | Weda: Ratusan rumah di Weda Selatan, Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Maluku Utara (Malut), terendam banjir. Banjir tersebut disebabkan hujan yang menguyur sejak Jumat, 24 Juli 2020 hingga hari ini.

“Banjir yang merendam rumah warga terdapat di desa Wairoro Indah, Lembah Asri dan Sumber Sari, dimana Sumber Sari dan Lembah Asri terdampak cukup parah,” kata Camat Weda Selatan, Hairun Amir, saat dihubungi, Senin (27/7/2020).

Hairun menjelaskan banjir tersebut diakibatkan kali yang berada di empat desa tersumbat sampah dan sedimen lainnya sehingga air meluap ke permukiman warga.

“Banjir di Weda Selatan sudah jadi langganan pada musim hujan, karena kali tidak pernah dinormalisasi, sehingga tersumbat dan sudah sangat dangkal,” jelasnya.

Hairun menjelaskan tidak ada korban jiwa dalam musibah ini dan kerugian material belum bisa dihitung. Selain merendam rumah warga, banjir juga merendam masjid dan musalah, pesantren serta sarana umum dan sekolah.

Baca Juga  Arsenal Vs Newcastle: The Gunners Susah Payah Menang 2-0

Pihak kecamatan setempat saat ini masih berkoordinasi dengan pihak terkait seperti pemerintah desa, Bhabinkamtibmas, Banbinsa dan BPBD Halteng untuk mengantisipasi dampak banjir. (red/rtm/bs)