Rayo Vallecano Vs Barcelona 1-2, Ronald Koeman Puji Frenkie de Jong

oleh -14 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Gelandang Frenkie de Jong mencetak gol keempatnya dalam satu bulan terakhir pada laga Copa del Rey antara Rayo Vallecano vs Barcelona Kamis dinihari tadi. Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, menilai performa anak asuhnya itu sudah jauh lebih baik ketimbang saat masih bermain di Ajax Amsterdam.

Koeman menyatakan bahwa De Jong merupakan pemain yang penting bagi Barcelona saat ini. Dia menilai pesepakbola berusia 23 tahun itu sukses menjalankan perannya sebagai gelandang yang banyak membantu lini serang.

“Kami membutuhkan dia. Kami membutuhkan gelandang untuk lebih ofensif. Kami telah berbicara soal bagaimana dia membantu lini serang dan mencetak lebih dari satu gol per musim,” kata Koeman usai pertandingan.

Baca Juga  Tiga Anggota Fraksi Perindo Persoalkan KUA-PPAS Kota Ambon Tahun 2021

“Dia menjadi pemain lebih penting sekatang ketimbang saat bermain untuk Ajax. Dia menciptakan lebih banyak peluang dan mencetak lebih banyak gol.”

Musim ini Frenkie De Jong tercatat telah mencetak lima gol dan empat assist. Hebatnya, separuh dari raihannya saat ini dicetak dalam satu bulan terakhir.

De Jong memulai tahun 2021 dengan satu gol yang membuat Barcelona menang 1-0 atas Huesca di Liga Spanyol. Dia mencetak satu assist tiga hari berselang saat Barcelona bertandang ke markas Athletic Bilbao.

Dari tujuh laga Barcelona sepanjang Januari ini, De Jong tercatat hanya dua kali tak mmenyumbangkan gol ataupun assist. Kedua laga itu adalah ketika Barcelona menang 4-0 di kandang Granada dan kalah 2-3 pada laga final Piala Super Spanyol dari Athletic Bilbao.

Torehan lima gol dan empat assist itu kemungkinan besar akan menjadi yang terbaik sepanjang karir Frenkie De Jong. Selama berseragam Ajax Amsterdam, dia tercatat hanya pernah mencetak empat gol dalam satu musim. Musim lalu, saat sudah berseragam Barcelona, De Jong pun hanya mencetak dua gol.

Baca Juga  Bela KAMI, Benny K Harman Sebut Buzzer Pemecah Belah Bangsa

Kemenangan pada laga Rayo Vallecano vs Barcelona itu membuat skuad asuhan Ronald Koeman melaju ke babak perempat final Copa del Rey. Barcelona menjadi kandidat kuat merebut gela juara setelah sejumlah tim kuat seperti Real Madrid dan Atletico Madrid telah tersingkir.

(red/tempo/marca)