Reses, Latulumamina Serap Aspirasi Masyarakat di Kasie

oleh -84 views
Link Banner

@Porostimur.com | Piru : Memenuhi agenda reses masa siding I tahun 2019, anggota DPRD Kabupaten SBB asal Fraksi PAN, H. Abdul Rauf Latulumamina, menyerap aspirasi masyarakat di Balai Desa Kasie, Sabtu (16/11).

Dalam kesempatan beratatap muka, anggota DPRD asal Daerah Pemilihan (Dapil) I Kecamatan Seram Barat, Taniwel dan Taniwel Timur menyempatkan menerima kritik usul dan saran dari masyarakat dari Desa Kasie, Nukuhai, Hulung dan Pasinalu.

Reses yang digelar Latulumamina ini turut dihadiri Pejabat Desa Kasie, Rajulan Ohliet, Perwakilan Pejabat Desa Hulung, Pejabat Desa Nukuhai dan Pejabat Desa Pasinalu, Perwakilan Koramil 1502-06/Taniwel, Pelda Jamalan, Kapolsek Taniwel, Ipda Esau Maspaitubun, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda dan masyarakat umumnya.

Baca Juga  Tingkatkan Pelayanan Maksimal Kepada Masyarakat Polres MTB Berbenah

Mengapresiasi kehadiran dan antusiasme masyarakat, Latulumamina menegaskan kompetensi dan kapabilitasnya sebagai perwakilan rakyat dalam menunaikan tugas legislasinya.

”Terima kasih. Reses adalah salah satu agenda DPRD yang telah diatur dalam peraturan perundangan-undangan dan diwajibkan untuk setiap anggota DPRD. DPRD memiliki fungsi di antaranya bersama-sama dengan kepala daerah untuk membentuk peraturan daerah. Fungsi DPRD yang kedua yakni bersama pemerintah daerah melakukan pembahasan anggaran dan  fungsi yang ketiga sebagai pengawasan, untuk mengawasi pemerintah daerah dalam penyaluran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (ABPD),” ujarnya.

Dijelaskannya, selaku anggota DPRD, pihaknya diberikan kewenangan menjembatani kebutuhan masyarakat, terlebih yang sifatnya mendesak.

Namun, tegasnya, kebutuhan dimaksud harus dilengkapi dengan data riil di lapangan, sehingga bantuan/program yang dikucurkan kepada masyarakat sesuai dengan peruntukannya atau tepat sasaran.

”Perlu diketahui dari tiga komisi di DPRD saya berada dalam posisi Komisi II yang membidangi pembangunan, dengan mitra kerja dengan Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan Dan Dinas PUPR. Jika ada warga yang ingin menyusul pembangunan, silahkan. Dan tidak menutup kemungkinan bidang lain, tidak bias, tapi kami akan menjembatani hal-hal terkait usulan warga. Untuk itu diharapkan kepada warga, setiap permintaan harus dilengkapi dengan data yang riil, agar bantuan yang disalurkan sesuai dan tidak salah sasar,” jelasnya.

Baca Juga  Akibat Angin Kencang, Pohon di Depan Kantor Pemadam Kepulauan Sula Tumbang

Dalam kegiatan jaring aspirasi masyarakat (asmara) ini, terungkap beberapa kebutuhan yang disuarakan masyarakat di Kecamatan Taniwel, di antaranya Desa Hulung mengusulkan penambahan talud pantai, saluran drainase dan rumah layak huni.

Sementara warga Desa Nukuhai meminta agar adanya pelayanan PLN yang maksimal dan bantuan pembangunan rumah adat (baileo).

Warga dari Desa Kasie sendiri mengusulkan pengadaan talud pantai dan rumah layak huni.

Sementara warga Desa Pasinalu mengusulkan pengadaan batuan rumah layak huni. (doddy)