Resmi Jabat Kakanwil Kemenag Maluku, Ini Program Prioritas Jamaludin Bugis

oleh -94 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Jamaludin Bugis resmi menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku setelah dilantik dan diambil sumpah secara daring oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Fachrul Razi dari Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Jakarta, Jumat (10/7/2020).

Jamaludin Bugis diamanatkan jabatan setingkat eselon II tersebut usai mengikuti seluruh rangkaian proses assessment yang diselenggarakan Pansel Kemenag RI pada Juni 2020 lalu. Momentum pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Kakanwil Kemenag Maluku ini turut disaksikan langsung para pejabat eselon III/IV beserta Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota di Aula Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku.

“Inilah hasil terbaik dari proses assessment dan yang telah dipercayakan untuk menduduki jabatan eselon II ini, maka tunjukanlah yang terbaik dengan melakukan peningkatan kinerja sekaligus perubahan mendasar dari pengelolaan birokrasi Kanwil Kemenag Maluku saat ini,” kata Jamaludin Bugis kepada sejumlah wartawan lokal di Kota Ambon.

Baca Juga  Bansos Tunai di Maluku & Papua Cair Sekaligus untuk 3 Bulan

Sebabnya, sesuai amanat Menteri Agama RI, dirinya dalam 100 hari kedepan akan melanjutkan berbagai prestasi yang pernah dilakukan oleh mantan Kakanwil Kemenag Maluku sebelumnya.

Link Banner

“Jadi Insya Allah, gerakan inovasi itu menjadi langkah yang akan saya ambil untuk melakukan perubahan mendasar kedepan,” ungkapnya.

Selain itu, selaku orang nomor wahid yang baru di tubuh Kanwil Kemenag Maluku, Jamaludin juga mengemukakan tiga program prioritasnya dalam masa kepemimpinannya nanti yakni, peningkatan pemahaman beragama masyarakat, peningkatan kualitas kerukunan umat beragama, dan penguatan moderasi beragama.

Tiga program strategis ini merupakan langkah terpenting dalam mewujudkan Provinsi Maluku yang toleran, rukun dan moderat.

“Bagaimana kita bisa saling memahami, menyayangi dan mengasihi antar sesama. Ini saya anggap penting untuk dilaksanakan kedepan nanti,” jelasnya.

Baca Juga  Pemkot Ambon Tuai Apresiasi dari Kementerian PANRB

Sementara terkait embarkasi haji antara  di Maluku, Jamaludin Bugis berkomitmen agar mimpi besar ini dapat terwujud di tahun 2021 mendatang.

“Embarkasi ini juga menjadi program prioritas yang akan saya lakukan langkah-langkah lebih lanjut dan ini sudah digodok di pusat untuk dikeluarkannya surat keputusan Menteri Agama RI terkait pembentukan Maluku sebagai pusat embarkasi haji antara itu sendiri,” tandasnya.

Untuk diketahui, Jamaludin Bugis dilantik bersamaan dengan 18 pejabat eselon II lainnya, diantaranya:

1. Kepala Biro Umum: Yayat Supriadi 

2. Kepala Pusat Bimbingan dan Pendidikan Khonghucu: Wawan Djunaedi 

3. Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren: Waryono 

4. Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri: Subchan Cholid 

Baca Juga  Hilang Sejak 11 Januari, Kapal TNI Pembawa Avtur Belum Ditemukan

5. Direktur Urusan Agama Katolik: Albertus Triatmojo 

6. Kapuslitbang Bimas Agama dan Layanan Agama: Muhammad Adlin Sila 

7. Kapuslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan: Sunarini 

8. Kakanwil Kemenag Aceh: Iqbal 

9. Kakanwil Kemenag Lampung: Juanda Naim 

10. Kakanwil Kemenag Jabar: Adib 

11. Kakanwil Kemenag Jateng: Mustain Ahmad 

12. Kakanwil Kemenag Gorontalo: Syafrudin Baderung 

13. Kakanwil Kemenag NTB: M. Zaidi  

14. Kakanwil Kemenag Bali: Komang Sri Marheni 

15. Karo Administrasi Umum dan Kepegawaian UIN Syarif Hidayahtullah Ciputat: Kastolan 

16. Karo Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Ternate: Syami Muhammad 

17. Karo Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan IHDN Denpasar: Ni Wayan Rustawati 

18. Karo Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama IHDN Denpasar: I Nyoman Sueca. 

(red/inmas/zam)