Resmi, Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Adha 2021 Jatuh Pada Selasa, 20 Juli 2021

oleh -711 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memimpin Sidang Isbat (penetapan) awal Dzulhijjah 1442 H atau Idul Adha 2021, Sabtu (10/7/2021) kemarin sore.

Menag mengatakan, Hari Raya Idul Adha jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021. 

“Berdasarkan posisi hilal, menyatakan hilal sudah di atas ufuk dan terdapat laporan hilal teramati secara mufakat, sehingga 1 Dzulhijjah 1442 H ditetapkan jatuh Minggu 11 Juli 2021, dengan begitu Hari Raya Idul Adha 20 Juli 2021,“ ujar Menag Yaqut.

Sidang isbat tetap melibatkan sejumlah unsur masyarakat. Mulai dari Duta Besar Negara Sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), pimpinan ormas Islam, dan sebagainya.

Semua pihak telah diundang dan mengikuti sidang isbat melalui aplikasi pertemuan secara virtual

Baca Juga  Dandim Ambon Imbau Masyarakat Ikut Serbuan Vaksinasi Akhir Pekan Nanti

Sebelumnya, Kemenag telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Shalat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kurban 1442 H di Wilayah PPKM Darurat.

Dengan aturan itu, maka akan ada pembatasan kegiatan dan penerapan protokol kesehatan secara ketat pada penyelenggaraan takbiran, shalat Idul Adha, dan pelaksanaan kurban, terutama di wilayah Jawa dan Bali yang menerapkan PPKM Darurat.

Penyelenggaraan malam takbiran baik di masjid atau mushala, takbir keliling, baik dengan arak-arakan berjalan kaki maupun dengan arak-arakan kendaraan ditiadakan.

Demikian pula shalat Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M baik di masjid atau mushala yang dikelola masyarakat, instansi pemerintah, perusahaan atau tempat umum lainnya juga ditiadakan.

Baca Juga  Polres Kepulauan Aru Gelar Syukuran HUT Polisi Lalu Lintas Ke-66

Untuk penyembelihan hewan kurban, Menag mengimbau agar dilakukan selama tiga hari, yaitu tanggal 11, 12, 13 Dzulhijah.

Hal itu dilakukan untuk menghindari kerumunan di lokasi pelaksanaan kurban.

(red/okezone)

No More Posts Available.

No more pages to load.