Resmikan Gedung Gereja, Bupati Minta Warga Namar di Rantau Pulang untuk Ikuti Pentabisan

oleh -36 views

Porostimur.com, Langgur – 13 Tahun umat menanti satu rumah Tuhan, akhirnya pada tanggal 17 Juli 2023, Bupati Maluku Tenggara M.Thaher Hanubun didampingi Uskup Amboina MGR. Senno Ngutra, Kepala Ohoi Namar dan Ketua Panitia Gedung Gereja Katolik St. Petrus Paulus Stasi Namar meresmikan gereja yang ditandai dengan penekanan tombol sirine dan pelepasan balon.

Acara bersejarah bagi umat Stasi Namar tersebut, berlangsung di depan gedung gereja pada Senin (17/7/2023) kemarin.

Sedangkan acara pentabisan direncanakan akan berlangsung pada bulan Desember nanti oleh Uskup Amboina MGR. Senno Ngutra dan akan dihadiri oleh umat masyarakat Ohoi Namar dari rantau. Sesuai rencana panitia dan umat menggelar acara pentabisan dengan tajuk Namar Panggil pulang.

Acara besar dan sangat berarti bagi umat dan masyarakat Ohoi Namar itu diawali dengan penjemputan bupati dan uskup bersama rombongan secara adat di pintu masuk ohoi oleh pemerintah ohoi, panitia dan umat stasi tersebut dengan upacara adat, penyamatan syal yang diiringi dengan lagu dan tarian adat ohoi setempat.

Bupati dan uskup dipersilakan masuk ke dalam belan dan diiringi lagu dan tarian umat warga masyarakat mengantar bupati dan uskup serta rombongan menuju gedung gereja baru.

Baca Juga  Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW di Negeri Liang, Samual Hadir Sebagai Tokoh Pemersatu

Sebelum pintu pagar dibuka Bupati Maluku Tenggara M.Thaher Hanubun menggunting untaian bunga yang dipasang di depan pintu pagar sebagai tanda bahwa gedung baru akan diresmikan.

Dalam sambutanya Bupati Thaher mengawali dengan meminta kepada umat Ohoi Namar yang berada di rantau untuk pada pentabisan nanti semua harus pulang dan menghadiri acara bersejarah tersebut

“Saya berharap pada acara hari ini peresmian maupun pada acara pentabisan nanti umat Ohoi Namar pulang semua untuk mengikuti acaranya,” harap Hanubun.

Bupati juga meminta kepada kepala ohoi untuk kalau bisa berupaya ke daerah-daerah untuk meminta dan menyampaikan langsung kepada umat di sana luar daerah untuk semua pulang dan bisa mengikuti kegiatan tersebut.

“Kepala Ohoi harus ke daerah-daerah untuk mengundang langsung warga masyarakat Ohoi Namar di sana untuk pulang dan mengikuti acara pentabisan nanti,” ujar Hanubun.

Baca Juga  Mutia Ayu Rayakan Hari Kelahiran Glenn Fredly, Gewa Lantunkan Lagu Ulang Tahun untuk sang Ayah

“Buat satu acara Namar panggil pulang untuk semua masyarakat di rantau harus pulang untuk mengikuti acara pentabisan karena itu merupakan gereja kebanggaan ohoi,” sambungnya.

Bupati juga mengatakan dirinya seorang muslim dan di depan gedung gereja dirinya berdiri dan yakin bahwa telah membantu para hamba Tuhan seperti pastor, pendeta dan imam.

“Saya seorang muslim di depan gereja yang mulia ini, saya seorang muslim tapi saya yakin telah membantu hamba Tuhan seperti pastor pendeta dan imam, maka upahku pasti Tuhan kasih. Karena pastor pasti mendoakan, pendeta pasti mendoakan, Imam mesjid pasti mendoakan apalagi sahabat-sahabat saya para suster yang yang ada disini pasti mendoakan dan pasti saya punya tempat di surga,” ujar Bupati dan sambut ”Amin” oleh hadirin.

Bupati Thaher menjelaskan, mengapa banyak anggaran di kabupaten itu dilokasikan bersama dengan pimpinan dan anggota DPRD untuk rumah Tuhan untuk semua golongan?

“Inilah keinginan saya. Saya punya satu keyakinan yang luar biasa bila dunia ini saya bangun rumah untuk Tuhan maka kelak dia akan menyediakan tempat bagiku di surga. Untuk itu sekali lagi saya menyampaikan banyak terima kasih kepada masyarakat Namar Stasi, pastor paroki dan lainnya yang memberikan kesempatan kepada kami saya dan ketua DPRD dan anggota DPRD ikut juga hadir menyelesaikan pembangunan,” paparnya.

Baca Juga  KPK Geledah Kantor Menteri Pertanian SYL, 1 Orang Dibawa

Di hadapan uskup bersama pimpinan dan anggota DPRD, Bupati Thaher menyatakan hadir serta berusaha maksimal untuk melayani para pastor, para pendeta dan para imam.

“Karena mereka ada untuk melayani umat dan saya ucapkan selamat, mudah-mudahan gereja ini mengumpulkan hati kita semua menjadi satu,” tuturnya.

Bupati dan uskup serta para tamu undangan disuguhi nyanyian persembahan dari orang muda Katholik Stasi Namar dengan lagu awal Fadad Filfil yang merupakan lagu kebanggaan Bupati Thaher serta dua lagu lainnya yang membuat para tamu undangan terhipnotis dengan lagu-lagu tersebut. (Dewi Sirwutubun)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.