Ribuan Mahasiswa dan Aktivis di Ternate Mulai Turun ke Jalan

oleh -78 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Ribuan mahasiswa dari berbagai kampus di Ternate, Maluku Utara bersama aktivis turun ke jalan menggelar aksi menolak sejumlah Rancangan Undang-Undang yang menuai kontroversi di tengah masyarakat, Rabu (25/9).

Mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa di depan Kampus II Universitas Khairun di Akehuda. Sementara mahasiswa yang berkumpul di kampus Gambesi pun telah bergerak memasuki kota.

Sedangkan mahasiswa STAIN Ternate nampak mulai bergerak dari kampus mereka di Dufa-Dufa.

Mahasiswa STAIN Ternate sedang melakukan konsolidasi di kampus

Hal yang sama juga dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Maluku Utara yang mulai bergerak dari kampus mereka di Sasa, Ternate Selatan.

Rencananya, mereka akan sama-sama turun ke jalan serta membuka mimbar bebas menolak sejumlah rancangan undang-undang atau RUU yang dinilai akan mengancam demokrasi dan ketidakseriusan pemerintah dalam menangani isu lingkungan.

Baca Juga  APBD 2017, PUPR SBT ”sulap” dana proyek Rp 3,3 M
Mahasiswa UMMU Ternate sedang melakukan konsolidasi di kampus

Aksi tersebut merupakan bagian dari seruan Aliansi BEM Indonesia yang diselenggarakan serentak di beberapa daerah yang diselenggarakan pada 23-24 September.

Arus lalu lintas dari dan menuju Bandara Babullah ditutup satu jalur. Rencananya Mahasiswa akan melakukan long march dari masing-masing kampus menuju kantor DPRD Kota Ternate di Kalumata, Kota Ternate Selatan serta Kantor Walikota.

Para aktivis dengan membawa sejumlah poster yang bertuliskan di antaranya “KPK Jangan Diperkosa”, kemudian “#Save KPK”, “Dewan Penindas Rakyat”, “Ibu Pertiwi Sedang Menangis”, dan “Orde baru 4.0”, serta poster bertuliskan “DPR mati”.

Sejumlah RUU yang akan ditolak diantaranya RKUHP, UU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), RUU Sumber Daya Alam (SDA) serta RUU Pertanahan. Mereka pun menuntut pemerintah untuk menghentikan kriminalisasi terhadap aktivis di berbagai sektor. (red)

Baca Juga  Kapolda Maluku Terima Kunjungan Pengurus LDII Maluku