Ribuan Umat Muslim Laksanakan Sholat Idul Adha 1441 H di Masjid Raya Alfatah Ambon

oleh -73 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Ribuan warga masyarakat memadati Masjid Raya Alfatah Ambon, Jumat (31/7/2020) pagi, guna menggelar Sholat Idul Adha 1441 H dengan menerapkan protokol kesehatan saat pelaksanaan sholat.

Memakai masker dan menerapkan physical distancing, para jemaah yang sudah hadir sejak sekitar satu jam sebelum Sholat Idul Adha dimulai, bersama keluarga dan kerabat rapi dan tertib mengisi setiap shaf sholat.

“Ketentuan yang kami buat bersama-sama panitia memang begitu. Jamaah yang hadir wajib mentaati protokol kesehatan. Pakai masker, mencuci tangan dan tetap melaksanakan jaga jarak. Karena masih dalam masa pandemi,” ujar salah satu diantara panitia, Jumat (31/7/2020).

Masing-masing jamaah berjarak tidak kurang dari 1 meter. Masker juga terlihat dipakai oleh setiap jemaah yang mengikuti Sholat Idul Adha yang diimami oleh Imam Besar Masjid Raya Alfatah, KH. R. R. Hasanussi yang juga sekaligus menjadi khitob ini.

Link Banner

Dalam ceramahnya, khatib  menyerukan kepada jamaah untuk menjalankan makna berkurban, seperti yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS

Baca Juga  Kodam Pattimura intensifkan pendampingan Suku Mausu Ane

Selain itu Khatib juga mengingatkan Umat Muslim agar selalu mencontohi Keteladanan Nabi Ibrahim AS, dengan kepatuhannya kepada Allah SWT untuk mengkurbankan anaknya Nabi Ismail AS untuk disembelih sebagai Kurban kepada Allah SWT.

Selain digelar di dalam masjid, sholat juga diikuti jamaah yang menggelar sajadah di halaman Masjid, bahkan di bahu jalan dan emperan toko seputaran Masjid Raya Alfatah.

Penerapan protokol kesehatan dilakukan oleh jamaah yang mengikuti sholat dengan penggunaan masker, serta pelaksanaan physical distancing yang wajib dilakukan oleh setiap jemaah.

“Sebelumnya memang sudah diinformasikan kepada jemaah bahwa untuk sholat Idul Adha kali ini memang wajib mengikuti protokol kesehatan. Pakai masker, dan menjaga jarak saat melakukan sholat. Karena untuk menjaga kesehatan bersama di masa pandemi ini,” papar Abdul Kadir pengurus Masjid Alfatah.

Baca Juga  Amien Rais maju jadi capres 2019, PDIP siapkan antisipasi

Puluhan jemaah tetap khidmat melaksanakan sholat meskipun menempati halaman masjid, bahu jalan dan emperan toko.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Kepolisian selain untuk melaporkan penyelenggaraan Sholat Idul Adha, sekaligus juga izin untuk penutupan akses jalan ini. Dan kawan-kawan ada yang bertugas mengatur atau memandu kendaraan supaya tidak sampai macet atau tersendat,” tambah Abdul Kadir. (red)