Ridwan Kamil Sebar Meme Corona, Publik: Pemerintah Pusat Bikin Bingung ya?

oleh -260 views
Link Banner

Porostimur.com | Bandung: Di tengah kesibukannya menangani virus corona, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masih sempat menyelipkan meme kocak di akun Twitter-nya. Meme tersebut diduga untuk menyindir kebijakan pemerintah pusat.

Ia membagikan meme “Darurat Ekonomi karena COVID-19 vs. Darurat COVID-19″ yang banyak bertebaran di media sosial melalui akun Twitter-nya @ridwankamil.

“Rutinitas hari-hari ini: bolak-balik mengurai darurat ekonomi dan darurat kesehatan,” tukasnya via Twitter.

Meme tersebut secara tersirat menunjukkan bahwa dirinya tengah bingung memilih antara menangani darurat ekonomi yang disebabkan oleh COVID-19 atau mengatasi darurat kesehatan.

Keduanya sama-sama disebabkan oleh pandemi dan menuntut untuk segera diatasi. Namun, meskipun meme tersebut bernuansa kocak, terselip juga pesan bahwa sebelum mengurus darurat ekonomi, pemerintah perlu menuntaskan darurat kesehatan terlebih dahulu.

Baca Juga  Ambon Diguncang Gempa Magnitudo 3.0

Hal ini tercermin dari percakapan yang terdapat dalam meme itu. Terlihat ilustrasi seorang ibu tengah bertanya pada anak lelakinya yang tengah bersiap untuk pergi.

“Mau kemana?” kata ibu.

“Mau ngurus darurat ekonomi karena COVID-19,” balas sang anak.

“Kenapa balik?” tukas sang ibu.

“Darurat COVID-19-nya juga belum beres,” jawab sang anak.

Seperti biasa, cuitan Ridwan Kamil pun mengundang reaksi dari warganet baik yang bernuansa humor atau yang serius. Salah satunya seperti yang dikatakan oleh @DeliaNoor.

“Puyeng ya Kang, semoga kalian para kepala Pemprov sehat selalu ya,” katanya.

Baca Juga  PM Polandia: Vladimir Putin Sayangnya Lebih Berbahaya daripada Hitler dan Stalin

“Bingung sama kebijakan pusat ya pak. Sing sabar wae,” tulis @randy_randika.

“Darurat ekonomi dan darurat kesehatan yang saling bertolak belakang, tapi berharap semua bisa cepat berlalu,” tulis @Najwaahsani_. (red/rtm/suara)