Rivai Darus Calon Kuat Sekjen Partai Demokrat

oleh -142 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Partai Demokrat menggelar Kongres V hari ini, Ahad (15/3/2020). Diprediksi, Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat yang akan terpilih pada kongres itu adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Direktur Politika Institute Zainul A. Sukrin mengatakan, jika AHY diaklamasikan sebagai Ketum Partai Demokrat pada forum Kongres V, baiknya yang mendampingi AHY dalam kepengurusan, khususnya pada posisi Sekretaris Jenderal (Sekjen) harus pula merepresentasikan anak muda.

“Tentunya yang memiliki kemampuan mengelola organisasi dan berpengalaman dalam dunia politik,” ujarnya Seperti dilansir dari indopos, Ahad (14/3/2020).

Menurutnya, menggandeng anak muda pada posisi strategis seperti Sekjen, akan berdampak positif pada citra dan popularitas Partai Demokrat. Sebab, saat ini, Partai Demokrat seperti partai lama yang dicetuskan kembali.

Artinya harus semenarik mungkin jika dipasarkan ke rakyat. Figur muda yang mendapingi AHY harus memiliki kemampuan dan jaringan yang mengakar, salah satunya seperti Muhammad Rifai Darus.

Baca Juga  Mengobati Kekhawatiran Corona dengan "Aisyah Istri Rasulullah"

“Rifai Darus perlu dipertimbangkan untuk menjadi Sekjen DPP Partai Demokrat, putra asli tanah Papua ini, sangat layak untuk mendampingi AHY,” katanya.

Salah satu pertimbangannya, karena rekam jejak keorganisasian Rifai tidak perlu diragukan lagi. MRD pernah menjabat Ketua Umum DPP KNPI, sedangkan dalam kepengurusan Partai Demokrat, sempat menjadi Sekretaris DPD Demokrat Papua dan sampai dengan sekarang menjadi Wakil Sekretaris Jenderal DPP Demokrat.

Menurutnya, Kongres V Partai Demokrat besok (15 Maret 2020) yang dikenal dengan istilah ‘One Day Congress’ sudah bisa dibaca. Dengan santernya nama AHY yang akan menggantikan SBY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat periode 2020 – 2025.

Ia menilai, AHY yang akan menjadi Ketum Partai Demokrat mendatang, akan mampu merepresentasikan kebutuhan politik kekinian dan akan digandrungi oleh kelompok milenial. AHY akan meretas masa kelam Partai Demokrat di awal 2012 lalu.

Baca Juga  Kodim 1509 Labuha Gelar Apel Danramil dan Babinsa

“Karena AHY sendiri figur muda baru yang terjun di dunia politik. AHY relatif bersih dari skandal korupsi yang menodai partai yang memiliki program anti korupsi tersebut,” katanya.

Untuk diketahui, hadirnya AHY dalam kancah politik nasional, memberikan energi baru bagi Partai Demokrat. Putra pertama SBY ini, semula berlatarbelakang militer. Ia rela meninggalkan karir militernya untuk terjun ke dunia politik praktis. (red/rtm/indopos)