Roy Suryo: Kelola Negara Jangan Seperti ‘Sunda Empire’

oleh -21 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Dalam sidang tahunan MPR 2020, Presiden Joko Widodo menyatakan, ibarat komputer saat ini perekonomian semua negara sedang ‘hang’ alias macet sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

Menanggapi pernyataan Jokowi itu, pemerhati Multimedia dan Telematika, Roy Suryo mengatakan bahwasannya mengelola negara jangan seperti ‘Sunda Empire’, yang tidak ada analisis ekonominya.

“Dianalisis dulu penyebabnya, jangan sampai makin parah jika asal-asalan, mirip-mirip ramalan Rangga Sasana (petinggi sunda empire) saja,” kata Roy di Jakarta, Sabtu (15 Agustus 2020).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan, saat ini perekonomian semua negara sedang diterpa krisis besar-besaran.

Baca Juga  Markas Polisi di Yalimo Papua Diserang, 2 Anggota Luka Terkena Panah-1 Warga Tewas

Hal itu terlihat dari pertumbuhan ekonomi negara-negara dunia yang minus hingga belasan persen.

“Di kuartal pertama 2020, pertumbuhan¬†ekonomi¬†negara kita masih plus 2,97 persen, tapi di kuartal kedua kita minus 5,32 persen,” ujar Jokowi dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR 2020 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14 Agustus 2020).

‚¨ě

“Ekonomi negara-negara maju bahkan minus belasan persen, sampai minus 17 persen,” kata dia.

Menurut Jokowi, kemunduran banyak negara besar ini bisa menjadi peluang dan momentum bagi kita untuk mengejar ketertinggalan.

“Ibarat komputer, perekonomian semua negara saat ini sedang macet, sedang hang. Semua negara garus menjalani proses mati komputer sesaat,” kata Presiden. (red/pr)