Royal

oleh -27 views

Saya tetap menjalin hubungan dengan beberapa mahasiswa TB tersebut sekali pun saya tidak lagi mengajar. Jika mereka tahu kalau saya mengunjungi daerah mereka, pasti saya diundang. Ketika itu, mereka adalah PNS-PNS yang baru memulai karir. Namun beberapa kemudian menjadi kepala-kepala dinas atau bahkan bupati di daerahnya.

Cerita tentang royal itu saya refleksikan dari perjumpaan saya dengan mantan mahasiswa TB di satu daerah. Itu terjadi hanya beberapa tahu setelah dia tamat. Saya kebetulan ada tugas melakukan penelitian beberapa minggu di daerahnya.

Saya ingat dia adalah mahasiswa yang biasa-biasa saja. Cenderung penakut dan sangat sulit mengkomunikasikan pikirannya karena takut salah. Kami agak dekat karena saya membantu mengkoreksi papernya. Dan juga konsultasi skripsinya. Dia sangat berterimakasih untuk itu.

Baca Juga  Atapary: Pengalihan Guru ASN dari Sekolah Swasta Berakhir Desember 2024

Ketika saya berkunjung ke daerahnya, dia tentu sangat senang. Saya dijemput dengan mobil dengan sopir ke hotel kecil tempat saya menginap. Saya diperkenalkan kepada teman-temannya. Setelah beberapa hari, dia mengundang saya berkunjung ke rumahnya di kampung. Agak jauh dari kota sehingga saya harus menginap.

Di sana saya dijamu secara mewah. Terlalu mewah untuk saya. Bahkan ketika saya memperlihatkan keinginan terhadap sesuatu saja, dia langsung bergegas menyediakan. Ketika saya bertanya, apakah sekarang musim durian? Karena saya lihat banyak durian berserak di jalan dekat rumahnya. Ah, gampang Pak. Dan tidak terlalu lama, duren datang. Tanpa saya meminta.

No More Posts Available.

No more pages to load.