RSUP Leimena Ambon Siap Diresmikan

oleh -87 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Staf Khusus Menteri Kesehatan, Bidang Tata Kelola Pemerintahan, Mayjen TNI (Purn) dr. Daniel Tjen, Sp.S dan rombongan melakukan kunjungan kerja ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. J. Leimena Ambon (26/10/2020).

Dalam kunjungan kali ini staf khusus menteri itu meninjau kesiapan peresmian RSUP dan menyiapakan simulasi pemberian vanksinasi Covid-19. Hal ini dikatakan staf khusus kementrian yang diwakili oleh Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan,
dr. Andi Saguni, MA.

“Jadi agenda kunjungan kami dari Kementerian Kesehatan di sini karena Rumah Sakit Umum Pusat, dr. Johanes Leimena ini adalah UPT dari Kementerian Kesehatan dan merupakan rumah sakit vertikal untuk memastikan dua yang utama, yakni pertama memastikan bahwa persiapan untuk peresmian itu sudah betul-betul siap yang kedua adalah nanti pada saat peresmian tersebut juga dirangkaikan dengan acara simulasi pemberian vaksinasi Covid19”, jelasnya.

Baca Juga  Khutbah Terakhir Rasulullah yang Menggetarkan Hati Saat Haji Wada

Usai rombongan melakukan pengececkan ruangan dan peralatan medis di RSUP, Andi Saguni menjelaskan bahwa RSUP telah siap untuk diresmikan.

“Setelah tadi kami mengecheck dan berdiskusi dengan Dirut, Direksi dan staf dan juga mengunjungi ruangan – ruangan, prinsipnya gedung rumah sakit UPT vertikal dr. Johanes Leimena ini siap untuk diresmikan”, ungkapnya.

Menurut Andi Saguni pengoprasionalan RSUP tidak bisa dilakukan satu kali.

“Membangun satu rumah sakit, mengoperasionalkan rumah sakit kan tidak bisa langsung satu kali begitu yang kita harapkan seperti demikian tak mungkin jadi memang kita sesuai dengan apa namanya pentahapan”, jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa RSUP sudah mulai dioperasikan secara bertahap, hal ini dilihat dari sudah adanya penanganan terhadap pasien Covid-19.

Baca Juga  Jadi Beban Negara, Tjahjo Kumolo Berniat Kurangi Jumlah ASN

“Gedung ini sudah digunakan untuk merawat pasien covid. Kemudian pada Instalasi Gawat Darurat juga sudah digunakan kemudian juga poli sudah mulai gunakan, artinya bahwa secara mendasar prinsip gedung kemudian tenaga kesehatan nya kemudian fasilitas dan peralatan kesehatan itu sudah siap,” ungkapnya.

Selain itu dr. Andi Saguni, MA mengungkapkan bahwa RSUP adalah salah satu rumah sakit yang terbaik di Kawasan Timur Indonesia jadi sudah sepatutnya masyarakat Maluku merasa bangga.

“Kita bisa bandingkan dengan rumah sakit-rumah sakit yang ada di kawasan timur ini dari gedungnya dulu dan peralatannya kita lihat bahwa gedungnya kemudian peralatan yang modern. Saya fikir ini merupakan salah satu yang terbaik di Kementerian Kesehatan, gedungnya indah sarana prasarana pendukungnya juga lengkap kemudian alat kesehatan juga bagus modern dan bisa kami sampaikan bahwa ini merupakan salah satu yang terbaik di Kawasan Timur Indonesia jadi sudah sepatutnya kita bangsa Indonesia khususnya masyarakat Maluku bangga dengan kehadiran Rumah Sakit Umum Pusat dr. J. Leimena,” ungkapnya. (nona)