RSUP Leimena Siap Lakukan Vaksinasi Tahap Pertama

oleh -37 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Sebanyak 368 vial vaksin Sinovac telah didistribusikan ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Johannes Leimena, Ambon, Kamis (14/1/2021).

Vaksin tersebut diserahkan oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon A.G Latuheru dan diterima oleh Direktur Utama (Dirut) RSUP Leimena, dr. Celestinus Eigya Munthe.

“Hari ini kita serahkan 368 vial vaksin tahap pertama, nanti pada 14 hari kemudian baru kita serahkan lagi untuk penyuntikan ke dua,” ujar Latuheru.

Ia menjelaskan, RSUP Leimena merupakan salah satu rumah sakit yang akan dijadikan sebagai lokasi kick off atau penyuntikan vaksin perdana di Kota Ambon.

“Vaksin yang diterima Pemkot Ambon sebanyak 7.280 vial termasuk penyuntikan kick off kemudian dilanjutkan penyuntikan kepada SDM kesehatan yang di Ambon tercatat 4.053 orang. Pasti ada pertanyaan apakah bisa semua, nanti tergantung hasil screening besok,” jelasnya.

Baca Juga  Presiden Jokowi Serahkan 2.929 SK Perhutanan Sosial. Maluku 115 SK, Malut 102 SK

Latuheru menambahkan, untuk puskesmas, pihaknya telah mengatur jadwal penyuntikan vaksin yang menggunakan sesi.

“Di pusat pelayanan kesehatan untuk pelaksanaan penyuntikan vaksinasi kita mengatur polanya karena puskesmas ini juga tiap hari melaksanakan pelayanan kepada pasien biasa. Karena itu, kita atur dalam satu hari 19 puskesmas melakukan tindakan penyuntikannya dua sesi dan ada tiga puskesmas bisa tiga sesi, sedangkan rumah sakit akan diatur oleh masing-masing manajemen,” tukasnya.

Sementara itu, Direktur Utama RSUP Johannes Leimena, Celestinus Eigya Munthe, mengatakan RSUP telah siap sebagai lokasi vaksinasi.

“Kita sudah siap sebagai fasilitas pelayanan kesehatan yang menjadi lokasi vaksinasi perdana di Ambon, sebab program vaksinasi telah kita persiapkan diri sejak November 2020, bahkan sudah dilaksanakan simulasi. Semoga besok semua pelaksanakan diharapkan lancar,” kata Munthe. (keket)