Rumah kost terbakar 2 penghuni meninggal dunia

oleh -79 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Diduga hubungan singkat arus listrik (korslet), menyebabkan terbakarnya 2 unit rumah kost milik Abdullah Souwakil (45) dan La Rasid (43), yang terletak di Lorong Sedap Malam, Kelurahan Honipopu, Kecamatan Sirmau, Selasa (8/1), sekitar pukul 15.40 Wit.

Kobaran api yang tak terkendalikan ini melahap 99 uni kamar kost pada kedua rumah kost yang ada serta merenggut 2 korban nyawa yakni WB (6) dan LS (13).

Kedua korban ditemukan hangus terbakar di dalam kamar masing-masing, dimana salah satunya yakni WB mengalami cacat sehingga tidak sempat keluar dari dalam kamarnya.

Sesuai keterangan saksi di lokasi kejadian, Irwan (28), saat sedang duduk-duduk bersama rekan-rekannya di sekitar lokasi kejadian, tiba-tba dirinya mencium bau terbakar yang berasal dari rumah kost milik Abdullah Souwakil.

Baca Juga  Dua Warga Kota Ambon Ditemukan Tewas di Atas Kapal Thailand

Karena penasaran, Irwan beserta rekan-rekannya kemudian mencari sumber bau tersebut.

Tiba-tiba saja api membesar dan keluar dari dalam kamar kost no 3 yang tak berpenghuni.

Meskipun berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya, Irwan beserta rekan-rekannya tak mampu meredam lalapan api yang semakin membesar.

Besarnya kobaran api pun memaksa Irwan beserta warga setempat menyelamatkan harta benda semampunya, ke lokasi yang lebih aman.

7 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon tiba di lokasi dan berusaha memadamkan api, sekitar pukul 17.50 Wit.

Informasi yang berhasil dihimpun wartawan dari tubuh kepolisian setempat, menyebutkan kerugian material rumh kost milik La Rasid berupa 17 kamar pada lantai 2 dan 15 kamar pada lantai 1, dengan ukuran 3×3 meter.

Begitupun dengan bangunan di sebelahnya yang memiliki 26 kamar dengan ukuran 3×3 meter.

Baca Juga  Nyawa penambang emas dirennggut OTK

Sementara rumah kost milik Abdullah Souwakil mengalami kerusakan pada lantai 1 sebanyak 14 kamar, lantai 2 sebanyak 15 kamar dan bangunan sebelahnya yang memiliki 12 kamar juga dengan ukuran 3×3 meter.

Atas musibah ini, kerugian kebakaran pada kedua rumah kost dimaksud ditaksir mencaau ratusan juta rupiah.

Kapolres Pulau Ambon yang didampingi Wakapolres, Kabagops, Kasat Sabhara, Kasat Intel dan Kapolsek Sirimau, serta personil PRC dan personil Polsek Sirimau, kemudian tiba di TKP membantu mengevakuasi warga bersama harta benda, mengamankan TKP, mengatur arus lalu lintas di daerah TKP, mengambil bahan keterangan (baket) dan memasang Police Line, sekitar pukul 17.55 Wit.

Korban WB kemudian dievakuasi dan dikeluarkan dari dalam kamar kos oleh Petugas Damkar, PMI dibantu oleh personil kepolisian, selanjutnya diantar menggunakan Ambulance PMI menuju Rumah Sakit Bhayangkara untuk pemeriksaan lanjut oleh medis sekitar pukul 19.53 Wit.

Baca Juga  Begini Rupanya Makna Lagu November Rain dari Gun N Roses

Sementara korban LS, dievakuasi dan dikeluarkan dari dalam kamar kos oleh Petugas Damkar, PMI dibantu oleh personil kepolisian, selanjutnya diantar menggunakan Ambulance PMI menuju Rumah Sakit Bhayangkara untuk pemeriksaan lanjut oleh medis, sekitar pukul 21.25 Wit.

Sementara para korban kebakaran sementara mengungsikan barang-barangnya di samping TKP, tepatnya di kos-kosan milik Buce.

Selain itu, pihak Dinas Sosial Kota Ambon juga sudah melakukan pendataan terhadap para korban dan direncanakan akan dibangun tenda pengungsian sementara di samping TKP, tepatnya di rumah kost milik warga setempat, Buce. (keket)