Saadiah Uluputty Minta Kementerian LHK Perhatikan Kebun Bibit Rakyat

oleh -30 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKS, Saadiah Uluputty meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KHLK) memperhatikan Kebun Bibit Rakyat (KBR).

Permintaan Saadiah disampaikan kepada rombongan KHLK saat kunjungannya dalam rangka Reses di Kebun Bibit Rakyat Negeri Liliboy Kecamatan Leihitu Barat Kabupaten Maluku Tengah beberapa hair lalu.

“Kebun Bibit Rakyat Negeri Liliboy selama ini telah menjadi pusat pengembangan persemaian dengan pola kebun bibit rakyat atau kebun bibit desa. Dalam skala besar, bibit persemain dari KBR Liliboy dapat mendukung program menanam pohon”, kata Saadiah, melalui keterangan tertulisnya, Kamis (23/12/2021).

Saadiah merinci, pengembangan persemaian dengan pola kebun bibit rakyat atau kebun bibit desa akan memberi dampak ekonomis bagi masyarakat.

“KBR Negeri Liliboi dikelolah dengan model persemaian bibit rakyat kelompok tani. KBR Negeri Liliboy tidak hanya anakan untuk kepentingan pemulihan lingkungan, namun juga memberi dampak ekonomis bagi masyarakat desa”, urai tandas politisi PKS Dapil Provinsi Maluku.

Baca Juga  Rusia akan Respons Ancaman Krisis Rudal dengan Serius

Dalam kunjungannya, Saadiah menyaksikan penyaluran sejumlah bantuan pihak KLHK yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) kepada Kelompok masyarakat kelompok tani.

“Ada dukungan terhadap kelompok masyarakat kelompok tani negeri Liliboy dengan penyerahan bantuan berupa uang 100 juta yang akan dibelanjakan untuk pembibitan, persemaian dan perawatan bibit dan anakan”, Saadiah memberi apresiasi.

Menurutnya, Liliboy sudah terlatih dan berpengalaman sebagai penangkar bibit. Keberadaan mereka mendapat penilaian positif dari pemulia dan peneliti Balai Penelitian Rempah dan Obat.

“Selama ini sumber benih tanaman pala dan cengkeh di Liliboy sudah dinilai dan mendapat apresiasi positif dari Pemulia/Peneliti dari Balai Penelitian Rempah dan Obat (Balitro). Banyak masyarakat yang melukakan penangkaran di samping rumah dan halaman mereka sehingga harapannya bisa dijadikan kampung penangkar”, harap Saadiah.

Baca Juga  Legenda MU Takut Lihat Dominasi Liverpool

Dirinya berharap, aktivitas masyarakat dalam memperhatikan tanaman bisa berdampak multiflayer.

“Selain fungsi pemulihan hutan dan ekologi serta konservasi juga nilai tambah pendapatan dan kesejahteraan masyaakat.”

Saadiah terus mendorong KLHK untuk menseriusi pengembangan kebun bibit rakyat kelompok tani.

“Saya dorong Kementerian LHK memberi dukungan serius untuk pengembangan pusat persemaian kebun bibit rakyat bagi kelompok tani. Selain di Liliboi dapat diperluas pengembangannya di daerah lainnya. Kebun bibit demikian akan menghidupkan geliat ekonomi masyarakat desa”, harap Saadiah. (tika)

No More Posts Available.

No more pages to load.