oleh

Saat Indonesia Pasrah

Link Banner

Penulis: dr. Fatimah Radhi, M.Kes, Praktisi umum; Kesehatan dan medis

Di balik ramainya bandara dengan berbagai alasan masyarakat yang ingin bepergian, ada keramaian di rumah sakit akibat bertambahnya pasien yang semakin tidak terkontrol. Jangan salahkan tenaga kesehatan bila mereka menolak pasien karena ruang perawatan dan ICU yang sudah over capacity.

Di balik kesibukan masyarakat berbelanja berbagai persiapan menyambut lebaran di pasar, ada ribuan tenaga kesehatan yang sibuk melayani setiap keluhan pasien yang tiada henti baik di rumah sakit maupun di puskesmas.

Di balik cucuran keringat masyarakat yang berdesakan di mall membeli baju baru, ada ribuan tenaga kesehatan yang bercucuran keringat di fasilitas kesehatan mengenakan pakaian hazmat selama berjam-jam.

Baca Juga  Kasat Reskrim Polres Bitung Berganti

Di balik rencana masyarakat untuk pulang kampung dan bersilaturahmi dengan keluarga, ada ribuan tenaga kesehatan di ruang isolasi yang sudah berbulan-bulan tidak berjumpa keluarga karena kekhawatiran menularkan virus pada orang-orang terkasih.

Di balik bisnis yang mulai diizinkan beroperasi kembali demi menjaga roda ekonomi tetap berputar, ada ribuan tenaga kesehatan yang berharap akan insentif yang sudah dijanjikan sejak awal pandemi corona. Sayangnya insentif terus membeku, tak kunjung mencair, tak tahu dimana wujudnya. Namun atas nama kemanusiaan, mereka tetap bekerja ikhlas melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Di balik himbauan pemerintah untuk berdamai dengan corona, ada ribuan tenaga medis semakin resah memikirkan gelombang kedua virus corona yang akan menerjang negeri ini.

Baca Juga  Pulang ke Ternate, Abduh Lestaluhu Lebih Dekat dengan Ibu

Mereka adalah prajurit pertahanan terakhir dalam melawan pandemi corona. Jumlah mereka tidak banyak, peralatan perang mereka mulai menipis. Entah apa yang akan terjadi bila mereka memutuskan untuk melambaikan tangan ke kamera.

Di balik kegembiraan masyarakat karena diizinkan kembali bekerja dan bersekolah, ada ribuan tenaga kesehatan yang kelelahan dan pasrah akan keadaan. Mereka hanya bisa berdoa, semoga mimpi buruk ini segera berakhir.

Di balik kehidupan A New Normal dengan protokol yang tidak tegas, akan ada hukum rimba yang berlaku. Yang kuat akan bertahan, yang lemah akan binasa.

Selamat datang herd immunity 😭

#IndonesiaPasrah
#IndonesiaTerserah

Link Banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed