Saat TikToker Ukraina Beralih Konten, Maju ke Garis Perang dan Mengabarkan Kenyataan

oleh -35 views
Link Banner

Porostimur.com, Kiev – Beberapa minggu yang lalu, TikTok influencer yang berbasis di Ukraina, Kristina Korban, dikenal sering membuat konten motivasi gym dan tips keuangan pribadi yang diselingi audio yang sedang tren.

Tapi dilansir The Verge, pada 23 Februari 2022 lalu, Ukraina diserang. Dalam sebuah video yang telah dilihat lebih dari 9 juta kali, influencer yang berbasis di Kyiv ini merekam dirinya dari tempat tidur.

Dia menggambarkan ledakan di kejauhan yang mengguncang rumahnya.

“Ini mungkin awal dari sesuatu yang serius,” katanya.

Selama berminggu-minggu, pengguna TikTok telah menyaksikan pasukan Rusia dan kendaraan militer bergerak melalui klip berukuran kecil yang sering kali tidak memiliki konteks atau verifikasi.

Saat Presiden Rusia Vladimir Putin meluncurkan invasi skala penuh, feed TikTok dipenuhi dengan streaming langsung palsu dengan suara sirene dan suara tembakan.

Dilansir Washington Post, Gedung Putih telah berusaha untuk campur tangan juga, bahkan mengadakan briefing latar belakang dengan TikTokker populer di mana para pejabat menjawab pertanyaan dan berbagi poin pembicaraan Gedung Putih.

Saat ini, influencer Ukraina menjadi sumber utama untuk pembaruan perang. Pergeseran tiba-tiba dari blogging perjalanan, saran kripto, dan cosplay anime ke zona perang garis depan tampak sangat ramai.

Baca Juga  Anies Baswedan Serahkan Anugerah Jurnalistik Mohammad Husni Thamrin ke-47 2021

Namun dinamika antara influencer, pengikut, dan aliran konten, tetap akrab seperti biasanya.

Sejak posting pembaruan pertamanya, TikToker Kristina Korban telah mengubah kontennya menjadi pemandangan langsung ibu kota negara selama masa perang.

Dia memposting dan melakukan siaran langsung setiap hari kepada lebih dari setengah juta pengikut TikTok.

Dalam akunnya, dia memperbarui pemirsa tentang segala hal mulai dari inventaris makanan keluarganya dan jalur toko kelontong hingga sirene serangan udara di kota.

“Saya percaya ada banyak kekacauan ketika orang menerima informasi yang salah, jadi saya melakukan yang terbaik untuk jujur dan faktual yang saya bisa dengan pengetahuan yang saya miliki dan pelajari saat kita melewati hari ini,” kata Korban.

Baca Juga  800 Juta Anak Di Dunia Keracunan Timbal

Minggu ini, pengikutnya mengkhawatirkan yang terburuk ketika Korban tidak memposting pembaruan TikTok apa pun selama lebih dari sehari.

Sebelumnya, akunnya, @moneykristina telah diblokir setelah beberapa video ditemukan melanggar pedoman komunitas.

Tapi sebagai seorang profesional, Korban telah menyiapkan akun cadangan untuk digunakan jika dia diblokir, di mana dia bisa terus memposting pembaruan.

Dalam satu video, Korban merekam dalam kegelapan, tampak ketakutan dan menangis, saat ledakan bergema di kejauhan.

Korban mengatakan klip itu dihapus karena “konten grafis.”

Dalam video lain, Korban bercanda merayakan Hari Perempuan Internasional: apa yang benar-benar diinginkan wanita Ukraina adalah tank, peluru, dan jet tempur.

Korban mengatakan TikTok menghapus video tersebut tanpa penjelasan.

Salah satu dari lebih dari 600.000 pengikut TikTok Korban adalah Katie Callaway, seorang ibu rumah tangga di Massachusetts, AS.

Dia tidak tahu banyak tentang Ukraina sebelum perang dimulai. Tapi sejak mengikuti Korban pada awal invasi, Callaway mengatakan matanya terbuka.

Baca Juga  Kok Bisa Real Madrid Keok dari Sheriff Tiraspol di Liga Champions

“Ini sangat indah,” katanya tentang Ukraina. “Saya tidak tahu, dan itu benar-benar membuat saya sedih karena saya bahkan tidak tahu apa-apa tentang negara itu sebelumnya. Sekarang semua kegilaan gila ini sedang terjadi.”

Pengalaman Korban selama bertahun-tahun membuat konten untuk platform media sosial, dengan cara yang tidak wajar, telah membantunya bisa bekerja dengan baik dalam peran yang tidak disengaja ini sebagai koresponden perang yang tidak konvensional.

Video-videonya diambil dengan gaya selfie, meniru keintiman panggilan video satu lawan satu, dan jarang menunjukkan sekelilingnya.

Dia secara teratur tampil di TikTok Live dengan anggota keluarga, menjawab pertanyaan, membuat lelucon, dan bergaul dengan pemirsa.

Bahkan ketika membahas jam malam dan bersembunyi, dia menggunakan klip audio populer, tagar, dan filter yang dapat memudahkan orang menemukan kontennya. (red/kompas.com)