Sabtu Besok, FT Unibrah Sofifi Gelar Webinar Nasional Mitigasi Bencana. Doni Monardo Narasumber

oleh -197 views
Link Banner

Porostimur.com | Sofifi: Fakultas Teknik Universitas Bumi Hijrah Maluku Utara memiliki peran strategis dalam Masyarakat melalui Tridharma pendidikan tinggi, sebagai aktualisasinya adalah dengan melaksanakan kegiatan Seminar Nasional secara daring yang akan dilaksanakan Sabtu 31 Oktober 2020 yang terselenggara atas kerjasama Fatek Unibrah dengan Ikatan Ahli Teknik Penyehatan dan Teknik Lingkungan Indonesia (IATPI) Cabang Maluku Utara yang didukung oleh Malut Post dan Porostimur.com sebagai media partners.

Dede Sumarna selaku Dekan Teknik mengatakan “letak geografis Indonesia dalam Ring Of Fire memiliki 130 gunung api aktif, selain itu Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng tektonik pasifik, eurosia dan Indoasia yang dapat memicu gempa dan sesar setiap saat, demikian juga halnya Indonesia tepat pada garis khatulistiwa dengan diapit oleh dua benua Asia dan Australia serta dua Samudra Hindia dan Pasifik yang bisa mengakibatkan benca hidrometeorologi sperti banjir, puting beliung dan tanah longsor.

Baca Juga  Timnas Inggris U-21 untuk Euro Bertabur Bintang Muda

Dengan kondisi geografis tersebut lanjut Dede tema yang diangkat adalah “Mitigasi,Kesiapsiagaan Bencana Alam non Alam berbasis Komunitas dengan menghadirkan lima narasumber yaitu Letjen TNI Doni Monardo selaku Kepala BNPB-RI, ke Mayjen TNI (Purn) Dody Usodo Hargo selaku Deputi 2 Menko PMK-RI, Ir. Achmad Ghazlay Akman, M.Eng.Sc selaku Kasatgas bencana dan Kemen PUPR-RI, DR. Phil. Hendricus Andi Simarmata, ST.,M.Si selaku ketua umum Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia dan yang mulia H. Husain Akting, SE.,ME selaku Sultan Tidore sekaligus anggota DPD-RI. Kegiatan ini akan dipandu oleh penatacara Adama Ibrahim dari Unibrah sebagai Host dan Dino Umahuk wartawan senior dan Pimred Porostimur.com sebagai Moderator.

Terpisah Ketua IATPI Malut Sarbaini A. Karim mengatakan diharapkan dengan diselenggarakannya Webinar 4 akan timbul kesepahaman dalam penanggulangan bencana berbasis komunitas atau Comunity Based Disaster Management yaitu sebuah pendekatan yang mendorong komunitas akar rumput dalam mengelola risiko bencana ditingkat lokal.

Webinar ini gratis dan terbuka untuk umum dengan terlebih dahulu melakukan registrasi dan pendaftaran secara online di https://bit.ly/FORM_PENDAFTARAN_WEBINAR_UNIBRAH”, tutup Dede. (al)

Baca Juga  9 Rekomendasi Film dengan Seni Sinematik yang Indah