Sail Tidore Ditunda Tahun Depan, Ini Kata Walikota Tidore Kepulauan

oleh -318 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Sail Tidore yang sudah direncanakan akan berlangsung di tahun 2021 di Kota Tidore Kepulauan harus ditunda dan akan digelar di tahun 2022.

Hal ini dikatakan oleh Walikota Tidore Kepulauan, Ali Ibrahim di sela-seka kegiatan Workshop Pengelolaan Anggaran Pemulihan Dampak Pandemi di Swisbell Hotel Ambon, Jumat (11/6/2021).

“Saya sudah mendapat surat dari Kementerian Perdagangan bahwa Sail Tidore untuk sementara ini ditunda, pertama tentunya karena Covid-19”, ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, pandemi Covid-19 ini sangat mempengaruhi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) juga Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), sehingga pemerintah pusat mengevaluasi Sail Tidore akan digelar pada tahun 2022.

“Jadi Sail Tidore itu nanti tahun depan, dengan catatan persiapannya lebih mantap lagi. Mudah-mudahan tidak ada covid lagi. Kalau tidak ada covid lagi, saya percaya, Sail Tidore itu Sail Dunia karena saya yang menggagaskan itu pada saat saya di Spanyol didepan Raja Philip memperingati 500 tahun Spanyol dan Portugal berkunjung ke Tidore dalam rangka mencari rempah-rempah, sehingga saya gagaskan Sail Tidore itu Sail Dunia,” katanya.

Baca Juga  Mengembangkan Potensi Industri Perikanan di Indonesia Timur

Walikota Tidore Kepulauan yang juga sebagai Wakil Presiden Global Network of Magellan Cities (GNMC) juga mengatakan, sebagai tuan rumah dirinya tetap menyuarakan hal ini, mengingat sebagai wakil presiden, dirinya membawahi 24 Walikota se-Eropa dan Asia. Sedangkan untuk presiden GNMC adalah Walikota Sevilla, Spanyol.

Dirinya juga menuturkan, bahwa Tidore Kepulauan adalah salah satu kota didunia yang masuk dalam GNMC. Oleh karena itu, sebagai tuan rumah yang menggelar seminar konferensi Walikota yang mempunyai pantai seluruh dunia, dirinya sudah melakukan pendekatan dengan beberapa Walikota yang termasuk dalam GNMC.

“Saya sudah melakukan pendekatan dengan beberapa kedutaan, seperti kedutaan Spanyol, Afrika Barat, Portugal dan Filipina termasuk juga, saya sudah menyurat ke Christiano Ronaldo (Juventus) sebagai bintang tamu dan Ronaldo sendiri bersedia untuk hadir, namun karena pemerintah pusat mempertimbangkan pandemi ini, maka ditunda pelaksanaannya tahun depan”, tukasnya.

Baca Juga  Cegah Bertambah Punahnya Bahasa Daerah, Kemendikbud Lakukan Pelindungan Bahasa

Dikatakannya, semua anggota GNMC yang terdiri dari 24 anggota akan hadir pada kegiatan tersebut yang direncanakan akan digelar pada tahun depan sekitar bulan Oktober atau November. (alena)