Sairdekut dan Kesley Pimpin AMGPM Periode 2020-2025

oleh -221 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kongres Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) yang berlangsung dari tanggal 25 hingga 28 Oktober di Wayame, akhirnya selesai dengan sukses.

Kongres yang berlangsung di Klasis Pulau Ambon Utara sebagai tuan dan nyonya rumah berhasil menetapkan Melkianus Sairdekut sebagai Ketua Umum dan Pendeta Richard Resley sebagai Sekretaris Umum Pengurus Besar AMGPM Periode 2020-2025.

Terdapat keunikan dalam proses Kongres kali ini yang menunjukkan bahwa demokrasi sebagai bagian dari proses dipilih dan memilih pemimpin AMGPM di level Pengurus Besar, khususnya di level Ketua Umum nampak berjalan dengan baik.

Hal ini dibuktikan dengan munculnya sejumlah nama bakal calon Ketua Umum dalam forum kongres. Mereka diantaranya bu Eki Sairdekut, Bu Jondry Paais, Bu Steven Atihuta dan Usi Ebi Songupnuan.

Melkianus Sairdekut, yang kabarnya menguat selama kongres berlangsung, akhirnya terpilih sebagai Ketua Ketua Umum AMGPM.

Baca Juga  Jerman: Dulu Anti-Yahudi, Kini Berganti Islamofobia?

Sairdekut unggul setelah memperoleh 134 suara dalam proses pemilihan yang berlangsung saat Kongres XXIX AMGPM di Gereja Pniel, Jemaat GPM Wayame, Ambon, Rabu (28/10/2020) tadi malam.

Perolehan suara dari proses pemilihan berlangsung di 7 spot Kongres tersebar di jemaat-jemaat Klasis Pulau Ambon Utara.

Kendati menang angka tipis dengan perolehan 134 suara, Sairdekut akhirnya ditetapkan sebagai Ketua Umum (Ketum) PB AMGPM periode 2020-2025 berdasarkan surat keputusan (SK) Kongres XXIX AMGPM nomor 13/KPTS/K-XXIX/2020,

Sidang penetapan dipimpin oleh Majelis Ketua Kongres, Wempy Waas.

Sementara proses pemilihan Sekum PB AMGPM berlangsung singkat, setelah Pendeta Yondry Paays menyatakan mundur dari pencalonan.

Paays saat perhitungan suara putaran awal pemilihan bakal calon sudah meraup suara jauh di atas kandidat lainnya dengan 97 suara, disusul Pendeta Richard Resley 71 suara dan Pendeta Ronny Tamaela 34 suara.

Baca Juga  Cuaca Tidak Bisa Diprediksi, Andy Minta Pemilik Kapal Ikan Saling Membagi Informasi

Sememtara sejumlah suara lainnya terdistribusi secara bervariasi ke sejumlah kandidat.

Namun Paays menyatakan tak bersedia dicalonkan. Sebaliknya Resley bersedia dicalonkan.

Akhirnya Resley yang menjabat Sekretaris Klasis di Aru itu pun langsung ditetapkan sebagai Sekum terpilih dan akan mendampingi Ketum terpilih Melkias Sairdekut untuk memimpin AMGPM hingga tahun 2025 nanti. (nona)