Sambut Tahun Baru Hijriah, Kakankemenag Halsel Hadiri Ritual Adat Popas Lipu

oleh -58 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah, Kesultanan Bacan kembali menggelar kegiatan Popas Lipu yang mana kegiatan tersebut merupakan salah satu ritual adat yang telah dilaksanakan secara turun temurun oleh para leluhur di Kesultanan Bacan.

Ritual Popas Lipu dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Halmahera Selatan H. La Sengka La Dadu, Kamis, 20/08/2020.

Bupati Halmahera Selatan, pada kesempatan ini diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Helmi Surya Batutihe, melepas dengan resmi seluruh kafilah adat/peserta ritual bertempat di pelataran Masjid Kesultanan Bacan.

Popas Lipu merupakan wujud khas thawaf tolak bala untuk kemaslahatan serta ikhtiar bersama agar negeri Saruma Halmahera Selatan terhindar dari berbagai musibah, bala bencana serta malapetaka yang muncul, seperti halnya wabah Covid- 19 yang mewabah hampir di seantero dunia.

Link Banner

Selain Kakankemenag, Hadir juga Kepala Seksi Bimas Islam Hamdi Berhert, Kepala Seksi Pendidikan Islam Husain Jafar serta ASN Kankemenag Halmahera Selatan. (ady)