SAR Sanana Keluarkan Imbauan Dini Cuaca Ekstrem di Perairan Kepulauan Sula

oleh -14 views

Porostimur.com, Sanana – Badan SAR Nasional (Basarnas) Unit Sanana, mengeluar imbauan dini terkait cuaca ekstrem yang terjadi di perairan Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara.

Koordinator Unit Siaga SAR Sanana Rudin Jasrodji, dalam imbauannya, mengatakan terkait peringatan dini BMKG, dikarenakan dibeberapa hari ini terjadi gelombang tinggi dan cuaca buruk.

“Lebih khususnya, di perairan kabupaten Kepulauan Sula atau Pulau Taliabu dan sekitarnya, yang keluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG). Stasiun Meteorologi Emalamo Sanana,” ungkap Rudin, kepada porostimur.com, Selasa (24/1/2024).

“Agar kiranya menjadi perhatian kita bersama khususnya di wilayah Kepulauan Sula, apabila masyarakat yang melakukan aktivitas di laut agar selalu waspada dan jangan paksakan untuk melaut bila kondisi lLaut sedang bergelombang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” sambungnya

Rudin juga meminta para motoris (juragan bodi) yang melayani rute pelayaran dari Sanana menuju ke Pulau Mangoli agar lebih berhati-hati dan waspada.

“Agar kiranya menunda keberangkatan apabila terjadi gelombang tinggi atau cuaca ekstrem,” ujarnya.

Rudin juga bilang bahwa, kerap kali terjadi terhadap nelayan yang kehilangan arah diakibatkan oleh jarak pandang yang terbatas, serta peralatan melaut yang minim, dikarenakan hujan lebat, angin kencang bercampur gelombang tinggi.

“Maka dari itu, kepada masyarakat Kepulauan Sula apabila terjadi musibah dan kondisi membahayakan jiwa manusia agar dapat melaporkan ke Unit Siaga SAR Sanana dengan nomor kontak 082187102820,” pungkasnya. (Jamil Gaus)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.