Sarasehan Sejarah Negeri Urimessing Untuk Menentukan Soa Perintah

oleh -133 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Negeri Urimessing yang sudah beberapa tahun tidak memiliki Raja definitif kini ada titik terangnya.

Hal ini menyusul dilaksanakannya Sarasehan Sejarah Negeri Urimessing pada Rabu, 28 Oktober 2020 di Marina Hotel Ambon.

Sarasehan ini digelar setelah Tim Penulis Sejarah Urimessing yang diketua oleh Drs Jan Haumasse, M.Si dan dibantu oleh Prof A. Watloly, D. Jemmy Piters, serta Dr. Mon Marlissa mengumpulkan data dan bukti-bukti lainnya terkait sejarah negeri.

Hadir dalam kegiatan sarasehan itu Tim Penulis Sejarah, Pemerintah Kota Ambon, Pemerintah Negeri Urimessing, Saniri Negeri Urimessing, Kepala Kampung se Negeri Urimessing, Kepala Soa, Ketua Saniri Negeri Soya, Kepala Soa Putta dari Mamala dan mantan Raja Mamala.

Link Banner

Pada kesempatan itu Ketua Tim Penulis Sejarah Urimessing Drs Jan Haumasse mengatakan, tim ini telah melaksanakan tugasnya kurang lebih empat bulan untuk mengumpulkan data dari berbagai pihak guna menentukan siapa dari sekian marga di Urimessing yang adalah soa perintah.

Baca Juga  Dandim 1509/Labuha Kunker ke Koramil 1509-05/Kayoa

Mereka yang didatangi selain mata rumah dalam Negeri Urimesing juga Negeri Soya dan Negeri Mamala.

Lebih jauh Haumasse menjelaskan setelah tim mengumpulkan data maka dilanjutkan dengan sarasehan sejarah dan kemudian dapat diketahui siapa soa/ mata rumah perintah, yang selanjutnya diplenokan bersama Seniri Negeri dan Pemerintah Negeri Urimessing untuk menentukan siapa soa/mata rumah perintah yang ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah Negeri (Perneg) Urimessing.

Pada kesempatan itu, Kasubag Administrasi Kewilayahan Alvian Lewenussa, S.STP, M.Si yang mewakili Walikota Ambon mengatakan, proses sarasehan ini adalah hak penuh Negeri Urimessing dan karena itu diharapkan agar proses ini dilakukan sesuai fakta sejarah, dan menjunjung tinggi nilai adat yang berlaku serta dibicarakan secara kekeluargaan guna mendapakan hasil yang diharapkan oleh seluruh masyarakat tentang siapa soa perintah yang sebenarnya di Negeri Urimessing.

Baca Juga  Tim KBR Brimob Maluku Semprot Sejumlah Fasilitas Umum dengan Cairan Disinfektan

Hal yang sama juga disampaikan oleh Penjabat Kepala Pemerintahan Negeri Urimessing, Corneles Wattimena, S.STP bahwa sepanjang ini di Urimessing masing-masing soa dan mata rumah selalu mengatakan mereka adalah mata rumah/soa perintah karena itu sarasehan sejarah seperti ini sangat penting.

“Karena itu pada saat kesimpulannya semua pihak diminta untuk menerima semua yang di diskusikan hari ini sehingga kedepan Negeri Urimessing sudah bisa mempunyai raja definitif”, harapnya. (olof)