Satgas Saber Pungli Sosialisasi di Kabupaten Pulau Morotai

oleh -45 views
Link Banner

Porostimur.com | Morotai: Satgas Saber Pungli Kabupaten Pulau Morotai, Senin (26/8) melakukan Sosialisasi di Kecamatan Morotai Selatan.

Sosialisasi bertema “Mari Bersama Wujudkan Morotai Bebas Pungli, Kami Tolak Pungli” ini, dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Morotai Selatan.

Sosialisasi ini dihadiri Wakapolres Pulau Morotai, Kompol drh. Dedi Wijayato (Ketua Satgas Saber Pungli Kab. P. Morotai), Kasi Intel Kajari Morotai Bpk. Asep. R. Subekti (Wakil Ketua satgas saber pungli), Dansatpom Lanud Leo Wattimena Mayor Pom Benyamin Sirait.dan diikuti peserta dari lingkungan Pemerintah Kecamatan Morotai Selatan, serta perangkat desa se Kecamatan Morotai Selatan.

Kompol drh. Dedi Wijayato, Ketua Satgas Saber Pungli Kab. P. Morotai, mengtakan, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, Tim Saber Pungli merupakan salah satu bagian kebijakan pemerintah dalam melaksanakan reformasi di bidang hukum sebagai bentuk upaya menciptakan pemerintahan yang bersih, jujur, dan adil guna mewujudkan penegakan hukum.

Link Banner

Menurut Dedi Wijayato, sosialisasi ini dilaksanakan agar dapat  memberikan kesadaran yang tinggi terhadap aparatur pemerintahan, terutama perangkat desa untuk selalu berlaku jujur dalam bekerja serta berpedoman pada aturan yang berlaku

Baca Juga  TPNPB-OPM Serang Kawasan Freeport, 1 Pegawai Tewas Tertembak

Lebih lanjut, Dedi Wijayato menerangkan, secara umum pungli diartikan sebagai pungutan yang dilakukan secara tidak sah atau melanggar aturan, oleh dan untuk kepentingan pribadi oknum petugas.

Untuk itu, ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama memberantas pungli. Menurutnya, baik penerima dan pemberi sama-sama akan di berikan sanksi.

“Mari bersama kita berantas tindakan pungli, memberi dan diberi jelas sama-sama melanggar hukum,” terangnya. (vonny)