Saudah binti Zam’ah, Istri Rasulullah SAW yang Pernah Dipuji Aisyah RA

oleh -15 views

Kisah salah satu istri Nabi Muhammad SAW bernama Saudah binti Zam’ah RA merupakan seorang wanita Quraisy dari Bani Amir. Sebagai bantahan terhadap orang-orang kafir yang senantiasa menuduh Rasulullah SAW.

Mengutip buku Air Mata Kanjeng Nabi Tindak Tanduk Wanita yang Membuat Baginda Menitikkan Air Mata karya Atiqah Hamid perihal riawayat hidup Saudah binti Zam’ah.

Saudah binti Zam’ah RA adalah wanita yang gemar sedekah. Beliau adalah wanita pertama yang dinikahi Rasulullah SAW setelah wafatnya Khadijah RA. Saudah binti Zam’ah RA sangat dihormati pada masanya.

Sebelum menikah dengan Rasulullah SAW, Saudah binti Zam’ah RA pernah menikah dengan sepupunya, Sakran bin Amr, yang kemudian meninggal setelah hijrah ke Habasyah.

Baca Juga  Listrik Sering Padam di Desa Kukupang, Ini Penjelasan Kepala PLN ULP Saketa

Saat Rasulullah SAW melamarnya, Saudah binti Zam’ah RA diketahui telah memiliki lima anak yang masih kecil. Beliau berkata kepada Rasulullah SAW,

“Demi Allah, tidak ada hal yang bisa menghalangi diriku untuk menerima dirimu, sedang kau adalah sebaik-baik orang yang paling aku cintai. Akan tetapi, aku sangat memuliakanmu agar aku bisa menempatkan mereka (anak-anakku yang masih kecil) berada di sampingmu siang dan malam.”

“Semoga Allah menyayangi kamu. Sesungguhnya, sebaik- baik wanita adalah mereka yang menunggangi kuda, sebaik-baik wanita Quraisy adalah yang bersikap lembut terhadap anak pada waktu kecilnya dan merawatnya untuk pasangannya dengan tangannya sendiri,” jawab Rasulullah SAW.

No More Posts Available.

No more pages to load.