Sayap Malaikat Jibril Membentang hingga Menutupi Cakrawala

oleh -14 views

Salah satu malaikat yang wajib diimani umat Islam adalah Jibril. Sejumlah riwayat menyebut Malaikat Jibril memiliki wujud sangat besar, sayapnya membentang hingga menutupi cakrawala.

Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud, ia berkata, “Rasulullah SAW pernah melihat Jibril dalam wujud aslinya. Jibril memiliki enam ratus sayap dan setiap satu sayap mampu menutupi cakrawala.” (HR Ahmad)

Dalam kitab Tafsir Al-Qur’an Kementerian Agama RI dikatakan Allah SWT menciptakan malaikat dengan sayap. Ada yang mempunyai dua sayap, ada yang tiga atau empat sayap, bahkan ada yang lebih banyak lagi. Sebagaimana yang dijelaskan dalam surah Fathir ayat 1, Allah SWT berfirman,

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Baca Juga  Malam Nanti Pj. Gubernur Maluku Lantik Pj. Bupati Buru, SBB dan Pj. Wali Kota Ambon

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ فَاطِرِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ جَاعِلِ الْمَلٰۤىِٕكَةِ رُسُلًاۙ اُولِيْٓ اَجْنِحَةٍ مَّثْنٰى وَثُلٰثَ وَرُبٰعَۗ يَزِيْدُ فِى الْخَلْقِ مَا يَشَاۤءُۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ ١

Artinya: “Segala puji bagi Allah, Pencipta langit dan bumi yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap. Masing-masing (ada yang) dua, tiga, dan empat. Dia menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.”

No More Posts Available.

No more pages to load.