Sebanyak 21 Jamaah Calon Haji Halsel Antusias Mengikuti Pembuatan Paspor Haji

oleh -60 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Meski sempat tertunda karena wabah Covid- 19 beberapa bulan lalu, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Halmahera Selatan melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) bekerjasama dengan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ternate melangsungkan kegiatan pembuatan paspor haji, bertempat di Aula Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Halmahera Selatan, Jalan Karet Putih Labuha, Rabu (22/07/2020).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Halmahera Selatan Drs. H. La Sengka La Dadu, M. Pd.I, saat menyampaikan arahannya mengatakan bahwa meskipun haji pada musim haji 1441 H/2020 M, ditunda keberangkatannya karena Covid- 19, namun pembuatan paspor Haji bagi Jamaah Calon Haji tetap dilaksanakan.

Harapannya agar Pandemi Covid- 19 secepatnya berakhir agar Jemaah dapat diberangkatkan pada musim haji tahun depan.

Baca Juga  Musisi deng Guru PAUD Siap-siap Terima Bansos BNI

“Kita terus melakukan langkah-langkah ikhtiar dengan terus mengikuti protap Kesehatan dan selalu menjaga kesehatan”, ungkap Kakankemenag.

“Kita sudah melaksanakan pertemuan dengan perwakilan jemaah beberapa bulan kemarin, terkait dengan pembatalan keberangkatan haji”, ujarnya.

Pada kesempatan itu, Kakankemenag menyampaikan hasil Keputusan Menteri Agama RI Nomor: 494 Tahun 2020 Tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441/2020 sekaligus menyampaikan permohonan maaf atas pembatalan keberangkatan, para jemaah sangat merespon dengan baik.

“Karena kesehatan dan keselamatan menjadi prioritas ditengah terjadinya wabah yang dialami hampir diseluruh Negara di dunia bukan hanya Indonesia dan Arab Saudi”, jelas Kakankemenag.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Mizna Laila Albaar, S. Pd.I, saat dihubungi wartawan menyampaikan bahwa kegiatan ini sedianya dilaksanakan pada 24 Maret lalu, namun tertunda karena adanya Covid- 19 dan baru terlaksana pada hari ini.

Baca Juga  Nurlela Syarif Sebut Pembelajaran Via TV Tidak Efektif

Pembuatan paspor haji dikhususkan bagi Jemaah yang belum sempat melakukan pembuatan paspor.

“Sampai saat ini yang belum membuat paspor sebanyak 36 orang, sedangkan yang hadir hanya 21 orang. Untuk sisanya akan dilaksanakan selesai lebaran Idhul Adha di Ternate”, jelas Kasie PHU.

Dari pihak Imigrasi yang melakukan proses pembuatan paspor secara mobile di Kantor Kementerian Agama Halmahera Selatan sebanyak 9 orang yang dikoordinir langsung, Kepala Sub Seksi Dokumen Perjalanan Kantor Imigrasi kelas I TPI Ternate.

Proses pembuatan paspor haji berjalan dengan lancar dan dilaksanakan dengan mengikuti protap kesehatan. (adhy)