Sebanyak 919 Siswa SD di Kota Ternate Wisuda Baca Tulis Al-Qur’an

oleh -35 views
Link Banner

Porostimur.com, Ternate – Sebanyak 919 siswa-siswi tingkat SD di Ternate mengikuti wisuda Baca Tulis Alquran (BTA) tahun 2022, di gedung Duafa Center Ternate, Selasa (17/5/2022).

Wali Kota Ternate Dr. M Tauhid Soleman dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kota Ternate dalam mengadakan program baca tulis Al-Qur’an di Sekolah Dasar (SD) di tujuh kecamatan yang ada di kota Ternate untuk meningkatkan perubahan akhlak dan moral anak bangsa.

Menurut Tauhid, hal ini karena adanya keinginan Pemerintah Kota Ternate menjadikan generasi muda, khususnya anak-anak agar tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang lebih islami, berakhlak mulia, dan bermoral.

“Penerapan pembelajaran BTA di sekolah dasar sebagai mata pelajaran muatan lokal mengantarkan anak-anak lebih memahami isi dari A-Qur’an, waktu yang digunakan dengan belajar BTA menjadikan mereka lebih tau, apa yang di perbolehkan dan apa yang di larang,” ujar Tauhid.

Untuk diketahui, tujuan dari kegiatan pembelajaran BTQ disekolah dasar
adalah:

  1. meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca danmenulis Al-Qur’an.
  2. Mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki siswa dalam hal mempelajari A-Qur’an.
  3. Memiliki perilaku yang mencerminkan nilai-nilai keagamaan.
    Yang dimaksud dengan kegiatan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an adalah melafalkan dan menulis ayat-ayat Al-Qur’an dengan mengetalhui aturan-aturan ditetapkan.
Baca Juga  Dijemput Ratusan Pendukung, Tauhid Soleman: Euforia Jangan Berlebihan

Selain itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Ternate Dr. Muslim Gani S.pd, M.pd dalam sambutannya mengatakan, zelama dua tahun pihaknya tidak bisa melaksanakan wisuda baca tulis Al-qur’an. Hal ini karena adanya Pandemi Covid-19 melanda dunia termasuk Indonesia.

“Di Tahun 2022 kami melaksanakan wisuda baca tulis Al-quran.(BTA ) yang terdiri atas empat tahap, yakni Tahap Pertama: wilayah Kecamatan Ternate Utara, Ternate Barat, dan Pulau Hiri. Dengan jumlah peserta 919 orang wisudawan. Tahap Kedua: Kecamatan Ternate Selatan dan Pulau Ternate, dengan jumlah wisudawan 1061 orang. Tahap Ketiga: Kecamatan Ternate Tengah, dengan jumlah peserta wisudawan 1078 orang. Tahap Keempat Kecamatan Moti, dengan jumlah peserta wisudawan sebanyak 80 orang,” ujar Muslim.

“Hari ini sebanyak 919 orang yang sudah wisuda,” jelasnya, (Amir)

No More Posts Available.

No more pages to load.