Sebut Tahapan Pemilu Aman dan Terkendali, Kapolda Maluku Minta Tim Sukses Kontrol Ketat Simpatisan

oleh -27 views

Porostimur.com, Ambon – Hingga saat ini tahapan kampanye Pemilu 2024 khususnya di wilayah provinsi Maluku dalam keadaan aman dan terkendali.

Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, SH., M.Hum, menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan semua pihak yang terlibat dalam tahapan Pemilu 2024.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak terkait karena tahapan pemilu sudah berjalan dan sejauh ini aman dan terkendali,” kata Kapolda Maluku, Sabtu (6/1/2024).

Kapolda mengungkapkan, beberapa tokoh nasional bahkan calon Presiden (capres) sudah mulai ada yang akan hadir ke Maluku untuk melakukan kegiatan politiknya. Olehnya itu, Kapolda menghimbau agar semua pihak dapat pedomani dan patuhi aturan yang berlaku. Jalankan kesepakatan bersama Pemilu Damai yang telah ditandatangani bersama oleh semua pihak.

“Kalau kesepakatan ini (Pemilu damai) dipegang dan dipedomani tentu tidak akan muncul pelanggaran-pelanggaran yang akan merugikan dan menyulitkan semua pihak,” ungkapnya.

Pemilu, lanjut Kapolda, jangan merusak persaudaraan dan kedamaian yang telah berjalan sangat baik di Maluku. Tim sukses capres/cawapres ataupun calon legislatif (caleg) agar melakukan cara-cara yang baik dan sesuai aturan. “Berikanlah pembelajaran politik yang mendidik dan bisa memberikan contoh teladan yang baik bagi rakyat,” harapnya.

Kapolda juga mengingatkan penyelenggara Pemilu seperti KPU dan Bawaslu juga harus profesional.

Kapolda juga menyampaikan komitmen Polri bahwa Polri netral dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

Ia mengatakan, pembelajaran politik tidak perlu lagi dengan cara-cara lama yang arogan dan bahkan cenderung anarkis, sehingga justru mengesankan tidak baik di mata masyarakat. “Seperti tidak lagi mentaati peraturan perundangan yang lain seperti peraturan Lalu lintas dengan konvoi dan arak-arakan tanpa helm, dengan knalpot yang brong dan suaranya mengganggu masyarakat dan mengganggu ketertiban umum bagi masyarakat lain,” katanya.

Baca Juga  Kapolda Maluku: Kolaborasi Penegakan Hukum di Bidang Jasa Keuangan Penting Dilakukan

Menurut Kapolda, masyarakat semakin cerdas dan akan melihat perilaku yang ditampilkan. Sudah saatnya untuk memberikan pembelajaran dan pendidikan politik yang cerdas serta modern dalam pelaksanaan Pemilu 2024 .”Sehingga kwalitas hasilnya tentu akan semakin baik dan bermanfaat bagi rakyat,” harapnya. (Keket)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.