Sejarah Baru, 3 Aktor Muslim Masuk Nominasi Golden Globe

oleh -46 views
Link Banner

Porostimur.com | New York: Sejarah baru tercatat untuk pertama kalinya di ajang penghargaan Golden Globes. Sebanyak tiga aktor Muslim, yakni Ramy Youssef, Tahar Rahim, dan Rizwan Ahmed mendapatkan nominasi penghargaan di ajang tersebut di tahun yang sama.

Dilansir dari Religion News Service, Kamis (4/2), Ramy Youssef akan mempertahankan penghargaan sebagai aktor terbaik dalam serial televisi musikal dan komedi yang dimenangkannya tahun lalu untuk karyanya di Ramy. Sementara Tahar Rahim asal Prancis, yang berperan sebagai tahanan Teluk Guantanamo dalam film The Mauritanian, dan aktor Inggris Rizwan Ahmed, yang membintangi Sound of Metal sebagai drummer yang kehilangan pendengarannya, bersaing untuk mendapatkan penampilan terbaik dalam film dramatis.

Baca Juga  BADKO HMI Gelar Dialog Publik Dan Launching Gerakan Jempol Pintar

Youssef memenangkan aktor terbaik pertamanya di Golden Globe untuk penampilannya di musim awal Ramy, serial komedi Hulu yang dia ciptakan.  Acara tersebut dibintanginya sebagai peran utama dan membahas kehidupan seorang Muslim Amerika keturunan Mesir dan milenial Muslim yang putus asa di New Jersey. 

Ia telah menerima penghargaan atas gambaran positifnya tentang Muslim Amerika. Kesempatan tahun ini juga merupakan nominasi kedua untuk Ahmed yang dinominasikan pada 2016 untuk penampilannya di miniseri HBO The Night of.

Ahmed, lahir dari keluarga Pakistan di Inggris, telah aktif dalam sejumlah hal yang disukai banyak Muslim. Ia membantu Muslim Rohingya yang menderita genosida di Myanmar dan membantu pengungsi Suriah.

Baca Juga  Dekadensi dan Petaka UU Omnibus Law (CILAKA)

Adapun untuk Rahim, nominasi ini adalah yang pertama. Film The Mauritanian menggambarkan cobaan kehidupan nyata Mohamedou Ould Salahi, mantan tahanan Teluk Guantanamo yang ditahan selama 14 tahun karena salah tuduh sebagai anggota aktif Alqaidah.

Tuduhan terhadap dia akhirnya dibatalkan karena tuduhan yang diakuinya ternyata diperoleh melalui penyiksaan. Rahim menolak berperan sebagai teroris selama kariernya untuk menghindari stereotip yang merugikan Muslim. Ia terkenal di bioskop berbahasa Prancis karena perannya dalam Le Passe dan Une Prophete.

Popularitas aktor Muslim di ajang penghargaan berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Mahershala Ali dinominasikan untuk aktor pendukung terbaik Golden Globe untuk penampilannya dalam film Moonlight pada 2017.

Baca Juga  Anggaran Banjir Ditambah Terus, Tapi Banjir di Surabaya Makin Parah

Ia memenangkan kategori tersebut di Globes 2019 untuk perannya dalam film Green Book. Muslim pertama yang memenangkan Golden Globe adalah aktor Amerika Mesir Omar Sharif, yang membawa pulang tiga Golden Globe pada awal 1960-an untuk peran pendukungnya dalam Lawrence of Arabia dan pergantian gelarnya dalam Doctor Zhivago.

Nominasi Golden Globes 2021 diumumkan minggu ini dalam siaran langsung streaming setelah dipilih oleh Asosiasi Pers Asing Hollywood. Pertunjukan Golden Globe Awards ke-78 akan berlangsung pada 28 Februari.

(red/republika)