Sekilas Suku Tobelo Dalam, Nomaden Terakhir dari Pulau Halmahera

oleh -61 views
Salah satu kelompok pemburu - peramu terakhir di Indonesia, O'Hongana Manyawa yang hidup di Hutan Halmahera, Maluku Utara. Namun, kehidupan mereka kian terancam karena masifnya pembukaan hutan. (Foto/Ist/Survivalinternational)

Porostimur.com, Ternate – Suku Tobelo Dalam yang juga dikenal dengan O’Hongana Manyawa menjadi salah satu suku nomaden terakhir yang ada di Indonesia.

Kelompok pemburu-peramu ini, hidup di pedalaman hutan tropis Pulau Halmahera, Maluku Utara dan bergantung kepada kebaikan alam untuk hidup.

Melansir laman survivalinternational.org, Jumat (31/5/2024), O’Hongana Manyawa memiliki arti  ‘manusia hutan’ dalam bahasa lokal suku tersebut.

Banyak individu dan kelompok dari suku tersebut yang belum banyak diketahui dan tersentuh oleh pihak di luar mereka.

Diperkirakan tiga hingga lima ratus individu O’Hongana Manyawa masih tinggal di pedalaman hutan tropis Halmahera. Sebagian dari mereka telah direlokasi untuk tinggal menetap melalui berbagai program yang disiapkan oleh pemerintah.

Baca Juga  Kontroversi Belanda Vs Prancis, Gol Xavi Simons Seharusnya Sah

Kehidupan O’Hongana Manyawa dari hidup sampai mati terkait dengan hutan sebagai rumah bagi mereka.

Kearifan lokal kelompok pemburu-peramu tersebut dalam menjaga hutan tampak nyata dengan menanam pohon sebagai rasa syukur ketika seorang anak dilahirkan.

Dalam fase kematian, O’Hongana Manyawa juga tidak dapat lepas dari alam sekitar mereka dengan cara menempatkan jasad di pohon yang berada di area khusus. Mereka sangat menghormati hutan dan segala hal yang berada di sana.