Sekjen NATO Minta Jerman Naikan Anggaran Pertahanan

oleh -103 views

Porostimur.com, Brussels – Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg meminta Jerman untuk menaikan belanja pertahanannya. Hal ini ia sampaikan dalam sebuah wawancara dengan dengan grup media Funke.

“Selama Perang Dingin, ketika Konrad Adenauer atau Willy Brandt menjabat, pengeluaran pertahanan mencapai tiga hingga empat persen dari pengeluaran ekonomi,” kata Stoltenberg seperti dikutip Deutsche Welle, Senin (18/9/2023).

“Kita sudah melakukannya saat itu, dan saat ini kami juga harus melakukannya lagi,” tambah Stoltenberg.

Ia mengungkapkan situasi serupa terjadi di negara asalnya, Norwegia. Di mana belanja pertahanan tidak mencapai target 2 persen persen seperti yang dijanjikan negara-negara anggota NATO.

Stoltenberg mengatakan dari pengalamannya sebagai kepala pemerintahan Norwegia ia mengetahui “betapa sulitnya menganggarkan lebih banyak uang untuk pertahanan.”

Baca Juga  7 Tanda Orang Banyak Gaya Tapi Hidupnya Tak Pernah Bahagia

“Padahal pengeluaran yang lebih tinggi juga diperlukan untuk kesehatan, pendidikan atau infrastruktur,” katanya.

Konrad Adenauer merupakan kanselir pertama  Republik Federal Jerman dari  dari tahun 1949 hingga 1963. Sementara Willy Brandt adalah kanselir Republik Federasi Jerman dari tahun 1969 sampai 1974.

Tak lama setelah Rusia melancarkan invasi ke Ukraina, Kanselir Olaf Scholz berjanji anggaran pertahanan Jerman pada tahun 2022 sekitar 100  miliar euro atau 106,7 miliar dolar AS. Ia juga berjanji pertahanan mencapai 2 persen dari total belanja PDB.