Sekjen PBB: Era Pemanasan Global Berakhir, Era Pendidihan Global Telah Tiba

oleh -44 views

Porostimur.com, New York – Sekjen PBB Antonio Guterres pada Kamis (27/7/2023), memohon tindakan radikal segera kepada seluruh umat Manusia di muka bumi, terhadap perubahan iklim. Guterres mengatakan bahwa suhu bulan Juli yang memecahkan rekor menunjukkan bahwa Bumi telah beralih dari fase pemanasan ke “era pendidihan global”.

Berbicara di New York, sekretaris jenderal PBB tersebut menggambarkan panas yang menyengat di belahan bumi utara sebagai “musim panas yang kejam”. “Bagi seluruh planet ini, ini adalah bencana,” katanya, seraya menambahkan bahwa “jika tidak, ini akan terjadi Zaman Es mini dalam beberapa hari ke depan, Juli 2023 akan memecahkan rekor di seluruh dunia.”

“Perubahan iklim telah tiba. Ini menakutkan. Dan ini baru permulaan. Era pemanasan global telah berakhir; era pendidihan global telah tiba,” ujar Guterres.

Baca Juga  Bikin Melongo, Amanda Manopo Pakai Celana Rp18 Juta saat Nongkrong dengan Artis Ikatan Cinta

Dampak ekstrem dari perubahan iklim telah sesuai dengan “prediksi dan peringatan berulang kali dari para ilmuwan,” kata Guterres, seraya menambahkan bahwa “satu-satunya yang mengejutkan adalah kecepatan perubahannya.

Menghadapi konsekuensi yang “tragis”, ia mengulangi seruannya untuk melakukan tindakan yang cepat dan luas, dengan membidik sektor bahan bakar fosil.

“Udara sudah tidak bisa dihirup. Panasnya tak tertahankan. Dan tingkat keuntungan bahan bakar fosil dan kelambanan iklim tidak dapat diterima,” ujar mantan perdana menteri Portugal tersebut.