Sekolah Tinggi KKT Siap Bertransformasi Menjadi Universitas

oleh -371 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Yayasan Lelemuku siap untuk mengusulkan peningkatan status Sekolah Tinggi KKT ke Universitas.

Usulan tersebut, menguat dalam Rapat Kerja LL Dikti Wilayah XII Maluku Maluku Utara, yang dilaksanakan di Makasar dari tangal 30-31 Maret kemarin.

Rapat yang dihadiri oleh Sekretaris Dikti, Dirjen Kelembagaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala BanPT, Kepala Badan Akreditasi dan Perguruan Tinggi, serta dihadiri oleh semua pimpinan yayasan seMaluku Maluku Utara dalam rangka membicarakan peningkatan status atau perubahan bentuk dari sekolah tinggi ke institut atau universitas, belangsung pada Selasa (30/3/2021) di Hotel CLARO Makasar.

Sekretaris Yayasan Lelemuku sekaligus Ketua Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Saumlaki, Olivier Srue, STh, M.Pd, menjelaskan dalam momentum rapat kerja itu, ada materi-materi yang disampaikan oleh sekretaris DIKTI, dan Dirjen Kelembagaan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan serta Kepala BanPT dan Kepala Badan Akreditasi Perguruan Tinggi.

Link Banner

“Moment tersebut diminta oleh pihak DIKTI bahwa saat ini ketentuan, akan dilakukan merger perguruan tinggi, karena perguruan tinggi sudah semakin banyak, jadi ada perguruan tinggi yang mau disatukan,” ujarnya, Rabu (7/4/2021).

Baca Juga  Hore! PLN Bisa Listriki Pulau Meti, Halmahera Utara Berkat Tower Ini

Selain merger, bisa saja diusulkan peningkatan status atau perubahan bentuk dari sekolah tinggi ke institut atau universitas.

Olivier juga mengatakan, Yayasan Lelemuku sebagai pemilik Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi, Serta Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Saumlaki, saat ini sedang mengusulkan Pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Saumlaki dan STKIP Saumlaki, serta mengusulkan pembukaan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.

Namun katanya, dalam moment raker tersebut, sudah diusulkan untuk perubahan bentuk atau peningkatan dari sekolah tinggi ke universitas, dengan nama Universitas Lelemuku Saumlaki.

“Dan saat ini sedang disiapkan dokumen-dokumen yang dapat menjadi syarat untuk pengusulan dimaksud, yang di dalamnya ada beberapa fakultas, dimana saat ini sudah terdapat tiga akultas dan akan ditambah dengan ilmu hukum saat ini sudah diberikan izin,” jelasnya.

Baca Juga  Balai Jalan motori porseni jelang HUT ke-73 PUPR

Olivier bilang, semua ketentuan-ketentuan tersebut akan disiapkan berkaitan dengan pengusulan perubahan bentuk dari sekolah tinggi ke universitas.

“Dalam rapat kerja yang dilaksankan sudah dibicarakan dengan pimpinan LL DIKTI wilayah XII, Maluku Dan Maluku Utara, dan direspon sangat baik bahkan merekan mendorong untuk secepatnya menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk pengusulan,” ujarnya.

S

Olivier menambahkan, emua hal terkait dengan pengusulan peningkatan status perguruan tinggi Saumlaki akan ditangani oleh tim pengusulan yang sudah dibentuk oleh Yayasan Lelemuku.

“Ketentuan itu berlaku untuk seluruh republik dan Maluku juga sangat layak untuk itu, tergantung syarat-syarat yang sudah ditentukan, dan semua wilayah berhak untuk mengusulkan itu, termasuk di wilayah Maluku dan Maluku Utara dan tidak ada batasan untuk itu,” tutupnya. (nicolas)