Selangkah Lagi Ruslan Kubais dkk Dilantik Sebagai Wakil Rakyat Malut

oleh -131 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Proses Pergantian Antara Waktu (PAW) empat anggota DPRD Provinsi Maluku Utara yang mengikuti pilkada 2020 masih menunggu SK dari Kementerian Dalam Negeri (Mendagri).

Hal ini disampaikan oleh Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara Buchari seperti dilansir dari Haliyora, Kamis (7/1/2020).

“Nanti cek saja di Biro Pemerintahan Provinsi,” tutur Buchari.

Terkait proses PAW empat anggota DPRD Provinsi Maluku Utara tersebut, Kepala Biro (Karo) Pemerintahan Sekertariat Kantor Gubernur Provinsi Maluku Utara, Taufik M, juga membenarkan keterangan Buchari.

Kata Taufik, secara prosudur prosesnya sudah sesuai dengan undang undang nomor 23.

“SK pemberhentian sudah ada dan sudah diserahkan kepada empat anggota DPRD provinsi yang mencalonkan diri pada Pilkada serentak 9 Desember 2020,” jelasnya.

Baca Juga  Soal Tewasnya 6 Laskar FPI, Komnas HAM Sebut Ada Dugaan Pelanggaran HAM

Selanjutnya terkait pengusulan Pergantian Antara Waktu, tambah Taufik, sudah menjadi ranah DPRD provinsi sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 12.

Ia menyebut, DPRD telah mengusulkan empat nama sebagai Pengganti Antar Waktu yakni Farida Jama menggantikan M. Hasan Bay, Ruslan Kubais menggantikan Helmi Umar Muksin, Sugeng Cahyono menggantikan H. Taib Jalaluddin dan terakhir Ades La Ode Kombe menggantikan Muhaimin Syarif.

Taufik juga mengungkapkan bahwa saat ini SK Kemendagri sudah dikantongi atas nama Roeslan Kubais dan Farida Djama, untuk Sugeng akan menyusul dan Ades La Ode sementara diproses.

SK tersebut kata dia, nantinya ditembuskan ke sekretariat DPRD, ketua DPRD, Gubernur dan ke KPKN.

Baca Juga  Ijazah Paket B Temartenan Bermasalah, Kelmaskossu: Tunda Pilkades Desa Fursuy

“SK Yang sudah ada itu Farida Jama dan Ruslan Kubais, dan akan menyusul Sugeng Cahyono, untuk Ades La Ode saat ini sudah di Biro Hukum Kemendagri karena pemberkasannya agak terlambat. Nanti juga tembusannya ke Gubernur, Deprov dan KPKN, karena itu juga menyangkut hak-hak mereka sebagai anggota DPRD,” tutur Taufik

Terpisah, ketika dikonfirmasi Haliyora, pada Kamis (07/01/2021) terkait agenda pelantikan PAW empat anggota DPRD tersebut, ketua DPRD Malut, Kuntu Daud mengatakan, DPRD merencanakan pelantikan angota DPRD antar waktu pada 15 Januari 2021, namun dirinya mengaku belum memastikan apakan empat orang itu dilantik bersamaan atau yang sudah punya SK duluan

“Kita rencanakan pelantikan tanggal 15 Januari 2021, tetapi apakah bersamaa ke empat ataukah sesuai SK Kemendagri dulu. Ini yang belum dipastikan,” pungkasnya. (red/haliyora)