Selat Valentine Masuk Nominator API 2020

oleh -326 views
Link Banner

Porostimur.com | Piru: Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 merilis daftar sebanyak 18 kategori yang masuk dalam nominasi terfavorit untuk meraih penghargaan.

Kabar baiknya, ada nominasi yang berasal dari Seram Bagian Barat (SBB) , yakni Selat Valentine untuk kategori Surga Tersembunyi.

Selat Valentine terletak di Pulau Buano Kecamatan Huamual Belakang Kabupaten SBB yang mengapit Pulau Buno dan Pulau Pua dengan lebar sekitar 80 meter.

Selat ini  miliki daya tarik tersendiri di kawasan Kecamatan Huamual Belakang Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku .

Kepala Bidang Destinasi, Dinas Pariwisata Kabupaten SBB, Yusnita Tiakoly mengatakan, masuknya Selat Valentine sebagai nominator di ajang pariwisata bergengsi ini, tidak lepas dari kerja sama semua pihak, terutama masyarakat dan pemerintah setempat.

Baca Juga  Kapolres Buru Tinjau Jalan Penghubung Dua Kabupaten yang Putus Akibat Banjir Disertai Longsor

Founder Ekspresi Maluku ini mengatakan, Selat Valentine dihiasi lautan biru, hutan mangrove, pulau batu dan hamparan pasir putih di dusun nelayan maupun pulau kosong yang memanjakan  mata.

“Selain Selat Valentine, beberapa  pulau kosong terhampar di wilayah yang dikenal dengan nama Nusa Puan atau  Pulau Buano itu memiliki potensi wisata bahari, panorama bawah laut dan pantai yang menjanjikan  untuk dinikmati”, ujarnya.

Bentuk geografisnya yang unik mempengaruhi kondisi air dalam selat, gelombang laut  disekitar Pulau Buano biasanya dikenal masyarakat sering berarus dan bergelombang tentu tidak demikian dengan keadaan air dalam selat ini. Laut  yang tenang membuat selat ini laksana sebuah danau air tawar. Sehingga buat mereka yang ingin berenang , hobi mincing bisa membawa serta alat pancing karena laut disekitar pulau pun sering dijadikan tempat memancing, menyelam dan bermain wahana air seperti berperahu maupun jet ski  dapat dilakukan dengan nyaman tentunya .

Baca Juga  Pulang ke Ternate, Abduh Lestaluhu Lebih Dekat dengan Ibu

Selain itu pesona selat Valentine juga  terletak pada barisan gunung, perbukitan hijau serta tebing-tebing batu yang berdiri  kokoh memisahkan daratan dengan lautan disepanjang 7,14 km selat ini.

Tak ayal nominasi  Selat Valentine di Pulau Buano Kabupaten SBB – Maluku  itu pun di tahun ini masuk dalam 10  besar untuk kategori Surga Tersembunyi Terpopuler.

Tak lupa Yusnita meminta dukungan masyarakat, khususnya SBB dan Maluku pada umumnya, untuk dapat berpartisipasi dalam pemungutan suara (voting) yang dilaksanakan mulai 1 Agustus sampai 31 Desember 2020.

Caranya, memilih Selat Valentine dengan mengirim SMS, ketik API 181 kirim ke 99386 (berlaku semua provider) dengan keyword sesuai tabel.

Baca Juga  KSBSI Temui Kapolda Maluku

Dukungan bisa juga via Instagram, follow akun @APIaward cari image/gambar sesuai kategori dan nominasi, klik Like/Love. Dan via Youtube subscribe channel @APIaward, cari video nominasi sesuai kategori dan nominasi. (keket)