Semarak peringatan Hari Pattimura ke-201 di Manokwari

oleh -38 views
Link Banner

@Porostimur.com | Manokwari : Peringatan Hari Pattimura ke-201 yang jatuh pada tanggal 15 Mei 2018, ternyata bukan hanya digelar di Maluku tanah kelahiran Pattimura semata, namun turut digelar warga Maluku di perantauan, salah satunya di Manokwari.

Peringata Hari Pattimura ke-201 di Manokwari berlangsung hikmah dan penuh sukacita.

Pantauan media ini, Selasa (15/5), perayaan Hari Pattimura diawali dengan aksi Lari Obor sepanjang 10 kilometer, oleh para pemuda-pemudi asal Maluku yang berdomisili di Kabupaten Manokwari.

Lari Obor dimulai dari tugu I.S. Kijne, di Jalan Baru dr. Essau Sesa hingga ke halaman eks Kantor Gubernur Papua Barat.

Aksi lari obor Pattimura ini dilepas oleh sesepuh pemuda Maluku, Romer Tapilatu, dengan membakar cara membakar obor dan diarahkan oleh grup lari, terdiri dari 3 orang pemuda asal Maluku, secara estafet menuju tempat upacara.

Baca Juga  Dispar Maluku harapkan penuhi target PAD

Sesaat setelah tiba di halaman eks kantor Gubernur Maluku, rombongan lari obor disambut dengan Tarian Cakalele oleh para pemuda.

Sebagai puncak peringatan Hari Pattimura ke 201, obor kemudian diserahkan kepada Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan yang selanjutnya membakar obor Induk yang terletak di tengah halaman upacara.

Usai membakar obor induk, Mandacan kemudian bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Dalam arahannya, Mandacan berharap adanya kerja sama masyarakat dan pemuda Maluku, dalam membantu pemerintah Kabupaten Manokwari, menyukseskan pembangunan dan menjaga keamanan di Kota Manokwari.

”Saya berharap masyarakat dan pemuda Maluku di manokwari dapat membantu pemerintah membangun Manokwari dan menjaga keamanan,” ujarnya.

Menurutnya, momentum hari Pattimura ini harus dapat dimaknai dan dikenang, akan jasa Pattimura dalam mewujudkan kebhinekaan bangsa Indonesia, khususnya di Kabupaten Manokwari.

Baca Juga  Kapolres SBT Pimpin Rapat Pengamanan Malam Takbiran

”Saya juga harapkan, semua warga Maluku di sini dapat membantu kita pemerintah untuk membangun Manokwari. Menolak paham-paham radikalisme, terorisme dan lain sebagainya yang akan menciptakan perpecehan bangsa kita Indonesia,” pungkasnya.

Selain melaksanakan upacara, peringatan Hari Pattimura juga dimeriahkan dengan kegiatan ziarah ke kubur para tua-tua di TMP Pasir Putih, serta pembersihan rumah ibadah dalam Kota manokwari.

Sedankan pada akhir rangkaian peringatan Hari Pattimura ini digelar makan patita bersama seluruh rumpun Maluku yang ada di Manokwari. (jefri)