Semarak syukur dan pelepasan siswa kelas XII SMASKris YPKPM Ambon

oleh -129 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Tradisi malam syukuran dan pelepasan siswa kelas XII, sudah terbangun sejak 3 tahun silam bagi keluarga besar civitas akademika SMA Swasta Kristen YPKPM Ambon.

Momentum ini dirayakan dan disyukuri dengan rasa bahagia dan sukacita oleh peserta didik kelas XII yang telah lulus ujian nasional, digelar di Gedung Serbaguna St Xaverius Ambon, Kamis (10/5).

Acara ini dihadiiri perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Drs M. Patty,M.Si, perwakilan YPKPM Ambon, Drs W. Papilaya, pengurus Komite, perwakilan Pengurus Alumni SMASKris YPKPM Ambon, No Tamtelahitu dan Max Titarsole, Pengawas SMA, Drs O. Sahhulatta,M.Si, para orang tua wali dari peserta didik, pendidik dan tenaga pendidikan serta 246 lulusan SMASKris YPKPM Ambon.

Baca juga : https://porostimur.com/cemarkan-nama-baik-rr-resmi-dipolisikan-huwae/

Link Banner

https://porostimur.com/smaskris-ypkpm-ambon-turut-peringati-hut-pattimura/

https://porostimur.com/louhenapessy-bantah-ada-sppd-fiktif/

Sebelumnya, ibadah syukur yang diawali dengan acara pelepasan 246 lulusan tahun pelajaran 2017/2018 di bawah sorotan tema ”Jadilah mahkota bagi orang tua dan kemulian bagi nama Tuhan kita Yesus Kristus” dan sub tema ”Ingatlah almamatermu dimanapun kamu pergi dan bersaksilah dalam cita, karsa dan karyamu”.

Geshlyn De Fretes dari kelas XI Ipa-2 dan D. Gaspersz perwakil lulusan kelas XII IPA-2, menjadi pemandu acara yang dikemas dari siswa dan untuk siswa yang dimulai sekitar pukul 06.30 Wit.

Baca Juga  Keindahan Cinta Aisyah

Paskibra membawa pataka SMA Swasta Kristen YPKPM Ambon kemudian Ketua OSIS SMASKris YPKPM Ambon, Roi Saherlawan, menyerahkan pataka sekolah kepada Kepala SMA sebagai Lambang Kehormatan Sekolah yang harus dijunjung tinggi.

Pada puncak acara, pihak sekolah memberikan penghargaan kepada lulusan yang mendapatkan hasil sesuai standar Ujian Nasional Berbasisi Komputer (UNBK) tahun pelajaran 2017/2018.

Kesemmpatan yang sama, perwakilan alumni yang diwakili Bapak No tamtelahitu, juga memberikan kartu alumni dan buku kenangan, serta penyerahan medali dan sertifikat kelulusan oleh pihak sekolah, yayasan, komite, alumni.

Sementara ibadah syukur dipimpin oleh Pendeta R. A. Samson,M.A, dengan pemimpin puji-pujian, S. Patty, S.PAK, M.Si.

Ibadah syukur sendiri dipedomani Firman Tuhan Lukas 24:50-53 dan Pengkhotbah 11:9-10 dan 12:1 yang dibacakan oleh lulusan dan Pendidik V. V. Pattipawae,S.Pd

Baca Juga  Murad Ismail: Bantu Saya Angkat Martabat Bangsa Maluku

Acara juga diramaikan selingan musik dari Paduan Suara dan Paduan Suling SMA Swasta Kristen YPKPM Ambon.

Dalam acara ini ada pemberian tanda kasih dari perwakilan lulusan, Asrid Palapessy, Okinawa Rary kepada Kepala SMASKris, Dra E Laturiuw,M.Si dan Dra E. Rehatta.

Dalam sambutannya mewakili Dinas Pendidikan, Patty menegaskan langkah yang dilakukan pihak SMASKris YPKPM Ambon ini dicontohi sekolah lainnya dalam lingkup Provinsi Maluku, khususnya di Kota Ambon.

”Saya mengapresiasi apa yang dibuat oleh ibu Lani (sapaan akrab Laturiuw-red) dan pihak sekolah sungguh luar biasa. Dan saya berharap sekolah lain yang ada di Kota Ambon dapat mencontohi sekolah ini. Sekolah swasta yang terus menata dan membangun komitmen untuk dapat bersaing dengan sekolah negeri lainnya,” singkatnya.

Baca Juga  Tunggakan Pajak Jasa Katering Garuda di Ternate Capai Rp1,5 Miliar

Sambutan lain juga di sampaikan oleh Bapak Drs W Papilaya selaku pengurus Yayasan, dan bapak T. Lokolo selaku perwakilan dari orang tua.

Acara diakhiri dengan jabat tangan dan sesi foto bersama para pendidik dan tenaga kependidikan dan tamu undangan lainnya dengan para lulusan dan orang tua wali.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala SMASKris YPKPM Ambon, Dra E. Laturiuw,M.Si, membenarkan hal tersebut.

Menurutnya, tradisi pelepasan lulusan kelas XII ini, sudah dilakoni pihaknya selang 3 tahun terakhir.

Begitupun dengnan penyerahan pataka sekolah, tegasnya, hanya dilakukan dalam acara resmi sekolah.

”Saya mengucapakan banyak terima kasih kepada orang tua yang telah bersama-sama dengan sekolah. Untuk para lulusan anak didikku kenanglah dimanapun dan kemanapun kalian pergi jangan lupa pada almamater kalian,” pungkasnya. (team)