Sempat masuk DPO, 2 pembobol Jerry Cell akhirnya diringkus

oleh -176 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Unit Resimen Mobil (Resmob) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Maluku, akhirnya berhasil menangkap 2 oknum pembobol kios Jerry Cell di Batu Meja, milik Meliany Fransiscus (35).

Kedua pembobol kios ini ditangkap di lokasi dan waktu berbeda dalam Kota Ambon, setelah sebelumnya masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polda Maluku.

Yuslan Yusuf (41), diringkus Unit Resmob Ditreskrimum Polda Maluku di depan Kantor Dinas PU Kota Ambon pada Jumat (16/2), sedangkan Fahmi Soumena (32) alias Sikantang, diringkus di daerah kamar kostnya, di daerah terminal Transit Passo, Kecamatan Baguala, Senin (19/2).

Hal ini dibenarkan Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Maluku, Kombes (Pol) Gupuh Setiyono,SIK, saat berhasil dikonfirmasi wartawan, di Ambon, Selasa (20/2).

”Untuk pelaku Yuslan Yusuf, ditangkap dengan barang bukti, berupa 1 buah obeng yang digunakan untuk mencungkil pintu kios Jerry Cell milik Meilany Fransiscus, juga barang bukti lainnya berupa rokok 10 slop terdiri dari 6 slop rokok Sampoerna, 2 slop rokok Marlboro merah, 2 slop roko Marlboro putih dan 1 buah tas milik pelaku. Sedangkan untuk pelaku Fahmi Soumena alias Sikantang ditangkap dengan barang bukti berupa, sepeda motor merk Mio yang digunakan pelaku pada saat melakukan aksi pencurian di Batu Meja, bersama uang sisa hasil pencurian berjumlah Rp 711.000 yang kini telah diserahkan oleh Unit Resmob kepada penyidik pembantu Subdit 3 Ditreskrimum,” ujarnya.

Baca Juga  Gandeng Tokoh Agama, Kanwil Kemenag Maluku Gelar Doa Bersama Untuk Keselamatan Bangsa

Dijelaskan, sesuai keterangan saksi Jerry Fransiscus (27), sepulangnya makan malam, tepat di depan ruko, ia melihat satu orang di atas motor memegangi kardus.

Saat pelaku Sikantang kepergok saksi, langsung melarikan diri menggunakan motor Mio.

Saksi yang merasa curiga dengan kondisi tokonya, akunya, langsung masuk kedalam ruko dan melihat pelaku Yuslan Yusuf sedang bongkar-bongkat tempat rokok.

Pelaku kaget melihat masuknya saksi ke dalam ruko, langsung melarikan diri dengan cara melompat dari ventilasi udara di belakang bangunan.

Melihat pelaku lari, terangnya, saksi pun berusaha mengejar pelaku dibantu warga dan ditangkap di depan Kantor PU Ambon.

Selanjutnya, pelaku diamankan ke ruang Resmob Polda Maluku untuk dihindarkan dari amukan massa.

Baca Juga  Profil Ismaila Sarr, Pemuda Senegal Penghancur The Invincible Liverpool

Untuk kerugian material pemilik Jerry Cell, jelasnya, berupa 3 buah Hp yaitu 1 jenis Samsung A5, 2 buah HP  Nokia (hp isi pulsa), uang tunai kurang lebih Rp 15 juta, rokok 10 slop terdiri dari 6 slop Sampoerna, 2 slop Marlboro merah, 2 slop Marlboro putih.

”Kedua pelaku yang kini dalam pemeriksaan Subdit 3 Ditreskrimum Polda Malukh,resmi ditetapkan sebagai tersangka dan disangkakan dengan pasal 363 ayat (1) ke 3E,4E dan 5E, KUH Pidana dengan hukuman pidana penjara selama 7 tahun,” pungkasnya. (keket)