Sergio Mattarella Terpilih Kembali Jadi Presiden Italia

oleh -7 views

Porostimur.com, Roma – Presiden Italia Sergio Mattarella terpilih kembali untuk masa jabatan kedua. Seperti dilaporkan Xinhua, hal itu diumumkan Ketua Majelis Rendah Roberto Fico pada Sabtu (29/1/2022) malam, setelah parlemen berkumpul dalam sesi gabungan dan mengakhiri pemungutan suara putaran kedelapan.

“Saya ingin berterima kasih kepada anggota parlemen dan perwakilan regional atas kepercayaan yang mereka berikan kepada saya,” ujar Mattarella dalam deklarasi yang disiarkan langsung dari istana presiden Quirinale segera setelah menerima pemberitahuan resmi tentang pemilihannya kembali.

Mattarella dikukuhkan kembali dengan mayoritas luas, yakni 759 suara setuju dari total 983 anggota parlemen dan perwakilan daerah yang aktif mengikuti pemungutan suara.

“Hari-hari sulit pemilihan ini, yang terjadi selama keadaan darurat kesehatan, ekonomi, dan sosial yang serius yang masih kita alami, menyerukan rasa tanggung jawab dan untuk menghormati keputusan parlemen,” kata presiden berusia 80 tahun itu.

Baca Juga  Serahkan 72 Hewan Kurban, Menteri AHY Maknai Iduladha: Semangat Berbagi kepada Sesama

Pencalonan Mattarella muncul dengan jelas pada akhir minggu yang menegangkan di mana dua blok politik utama yakni kiri tengah dan kanan tengah, telah gagal menyepakati pencalonan bersama yang berbeda.