Sering Disepelekan, 5 Hal Kecil yang Jangan Dilakukan Jika Ingin Sepeda Motor Awet

oleh -38 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Sepeda motor sudah jadi kendaraan yang sering kita gunakan dalam beraktivitas setiap hari, dari mulai berangkat kerja sampai pergi ke tempat liburan. Proses pembelian sepeda motor pun sudah semakin mudah, karena kita bisa mencicilnya sesuai kemampuan.

Sepeda motor sangat cocok digunakan untuk mengejar waktu di jalanan, terutama sepeda motor yang memiliki bodi yang ramping. Hal-hal inilah yang membuat pemilik sepeda motor semakin banyak, terlebih dengan datangnya berbagai macam jenis sepeda motor yang baru. 

Sayangnya, banyak dari kita yang mengabaikan perawatan terhadap sepeda motor yang kita punya, sehingga kerusakan dapat terjadi pada sepeda motor kita. Dari mulai ban bocor sampai harus ganti mesin. Jika mengingat harga sepeda motor yang tidak murah, seharusnya kita bisa merawatnya dengan baik.

Untuk itu, diperlukan pengetahuan bagi kita agar tidak mudah membuat sepeda motor kita rusak. Nah, berikut 5 hal kecil yang jangan dilakukan jika ingin sepeda motor kita awet.

1. Tidak Memanaskan Mesin Sebelum Dipakai

Panaskanlah mesin sepeda motor kita sebelum menggunakannya, setidaknya tiga menit sebelum dipakai. Hal ini dilakukan guna melancarkan sirkulasi oli dan membuat pergerakan mesin jadi lancar.

Jika kita tidak memanskan mesin sebelum dipakai, maka motor kita bisa mogok di tengah jalan. Sangat berbahaya jika motor mogok saat melaju kencang di jalan raya.

2. Sering Terlambat Mengganti Oli

Gantilah oli tepat waktu, biasanya tergantung dari kilometer yang kita capai. Namun, kita juga bisa mengira-ngiranya dengan mengganti oli setidaknya dua atau tiga bulan sekali.

Jika kita terlalu lama tidak mengganti oli, maka mesin kita akan rusak karena gesekan. Saat mesin rusak, biaya yang dikenakan untuk menggantinya lumayan mahal, lebih mahal daripada jika kita rajin mengganti oli. 

3. Menggunakannya di Jalur yang Ekstrem

Terutama untuk kita yang tinggal di daerah pedesaan ataupun dataran tinggi yang masih banyak terdapat jalanan berkerikil. Jika kita terlalu sering menggunakan motor kita di jalanan yang ekstrem, maka ban motor kita bisa cepat bocor.

Sangat disarankan untuk mengganti ban motor kita dengan jenis ban tanpa tub, atau yang sering disebut tubeless karena ban tubeless tidak mudah bocor di jalanan yang ekstrem. 

4. Memarkirkannya di Area Terbuka

Panas dan hujan dapat membuat cat motor kita memudar, selain itu terik matahari juga membuat motor kita jadi panas.

Hindarilah memarkirkan sepeda motor di area yang terbuka, masukkanlah sepeda motor kita ke dalam rumah saat tidak dipakai, atau taruhlah di bawah pohon yang teduh. Dengan begitu warna cat pada motor kita jadi lebih awet.

5. Mengganti Onderdil

Onderdil sepeda motor yang asli sudah dirancang dari pabrik sesuai standar kenyamanan. Jika kita menggantinya dengan yang palsu, maka hal tersebut dapat mengurangi kenyamanan yang didapat.

Bukan hanya itu, onderdil palsu dapat menurunkan efektivitas onderdil yang lain. Sebab, semua onderdil sudah dirancang saling melengkapi satu sama lain.  

Itulah 5 hal kecil yang jangan dilakukan jika ingin sepeda motor kita awet. Sempatkanlah waktu untuk merawat sepeda motor kita, dari sekadar memanaskan mesin sampai mengganti olinya. Semua itu demi keawetan sepeda motor yang kita miliki.

Jangan lupa juga membayar pajaknya, sayang banget kalau punya sepeda motor tapi pajaknya mati. Kita jadi was-was bepergian dengan pajak sepeda motor yang mati, tentunya karena takut kena tilang. Yuk, rawat sepeda motor kita!

(red/yoursay)

No More Posts Available.

No more pages to load.