Setelah Fak Fak, Kerusuhan Menjalar ke Timika

oleh -141 views
Link Banner

[carousel_slide id=’12211′]

porostimur.com | Timika: Kerusuhan bukan saja terjadi di Fak Fak. Siang tadi, Rabu (21/8), kerusuhan merembet ke Mimika, Papua.

Kerusuhan itu sendiri terjadi setelah aksi unjuk rasa damai di Mimika Indah sekitar pukul 09.00 WIT. Sejumlah massa aksi kemudian melempari gedung DPRD Timika dengan batu.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal menyatakan, jumlah massa yang berkumpul saat itu sekitar 800 sampai 1000 orang.

Link Banner
Aksi massa di Kabupaten Mimika yang berujung rusuh. Foto Antara

Saat itu, massa aksi dan polisi sudah melakukan komunikasi untuk menggelar aksi longmarch menuju DPRD Timika.

Aksi tersebut merupakan bentuk protes terkait insiden yang terjadi di Surabaya dan Malang.

Baca Juga  KPU Halbar: Hari ini PPK dan PPS Diaktifkan Kembali

Massa merasa bahwa perlakukan yang didapat terhadap saudara mereka di Jawa Timur itu tidak sepantasnya.

“Mereka meminta kepada seluruh aparat di Jawa untuk melakukan hal yang wajar,” katanya dikutip dari CNNIndonesia.com, Rabu (21/8).

Menurut massa aksi, warga masyarakat yang di Papua baik yang dari Jawa, Sumatera, dan Sulawesi dianggap keluarga besar tapi masih diperlakukan berbeda.

“Itu yang jadi catatan bagi massa yang tadi aksi,” lanjutnya.

Aksi itu sendiri masih berjalan dengan damai bahkan setelah bertemu dengan pejabat DPRD Mimika. Setelah menggelar orasi, aksi tersebut lalu ditutup dengan doa.

Usai doa itu diakhiri, tiba-tiba terjadi pelemparan batu ke gedung DPRD Mimika. Massa yang anarkis pun langsung dibubarkan oleh peserta aksi lainnya.

Baca Juga  Mortir ditemukan di dalam lapangan parkir kontainer

“Pas doa selesai, terjadi pelemparan pintu masuk kantor DPRD kemudian dilerai, disusul lagi pelemparan pos penjagaan kantor DPRD. Massa yang cenderung anarkis dibubarkan oleh rekan-rekan,” terangnya.

Kendati demikian, kerusuhan terjadi tak lama, hanya sekitar 30 menit dan dibubarkan dengan menembakkan gas air mata untuk mengurai massa.

Saat ini, situasi di Mimika sudah kondusif. Akan tetapi, akibat kerusuhan tersebut, sejumlah kendaraan di gedung DPRD Mimika dan depan Hotel Moses mengalami kerusakan. (red/CNN)