Sholawat Asyghil dan Kondisi Negeri Terkini

oleh -140 views
Gus M. Mustafied, Foto: kasatmata.co.id

Oleh: Gus M. Mustafied, Pengasuh Ponpes Aswaja Nusantara, Mlangi, Yogyakarta

Video Anies Baswedan mengajak warga Jogja untuk melantunkan Sholawat Asyghil viral di media sosial. Anies yang mengenakan blangkon dan surjan warna hijau mengajak warga untuk melantunkan sholawat yang sering dilantunkan di masjid, mushola, dan majelis ta’lim.

Lantunan Sholawat Asyghil tersebut terdengar kompak dan indah. Anies bersama ratusan orang yang hadir di Museum Wayang Kekayon, Bantul terlihat khidmat saat melantunkan sholawat ini. Saat selesai melantunkan sholawat, Anies memberikan doa dan penutup pendek, “Insyaallah kita dijauhkan dari orang-orang yang dzalim.”

Sholawat tersebut sekilas terdengar sederhana. Namun, bila dikupas lebih dalam, baik dari teks-nya maupun dari sejarahnya, sholawat ini punya makna mendalam dan sejarah yang panjang. Sholawat ini terdiri dari empat bait, meski begitu, isinya berisi doa yang sangat luar biasa seperti di bawah ini.

Baca Juga  Profil Juliette Angela Ermestine yang Diduga Selingkuhan Anji Eks Vokalis Drive

Allahumma shalli ‘alaa Sayyidinaa Muhammad
Wa asyghilidz dzalimiina bidz-dzalimiin
Wa akhrijnaa min baynihim saalimiin
Wa ‘alaa alihi wa shohbihii ajma’in

Artinya: “Ya Allah, berikanlah shalawat kepada pemimpin kami Kanjeng Nabi Muhammad, dan sibukkanlah orang-orang dzalim agar mendapat kejahatan dari orang dzalim lainnya, selamatkanlah kami dari kejahatan mereka, dan berikanlah shalawat kepada seluruh keluarga dan para sahabat beliau.”

No More Posts Available.

No more pages to load.